December 22, 2012

GORILLAZ



Band yang kusukai karena konsepnya yang menarik dan kuat (bukan karena musiknya). Karena basic-nya virtual band, aku jauh lebih suka menonton video klipnya daripada mendengarkan lagunya. Ketika SMA ada seorang temanku yang sangat mengidolakan band ini, sampai memesan poster besar berukuran A1 (1/2 kertas manila). Karena butuh bahan untuk contekan, aku meminjam koleksi kasetnya hingga lama sekali. Akhirnya aku cuma menyelesaikan 1 poster pesanannya karena keasyikan bikin gambar untuk diri sendiri...ahahaha.

 

Gorillaz adalah proyek musik dan visual dari Ingrris yang dibentuk oleh Damon Albarn dan Jamie Hewlett pada tahun 1998. Gorillaz merupakan virtual band yang beranggotakan karakter kartun, yaitu 2D, Murdoc Niccals, Noodle dan Russel Hobbs. Dunia fiksi mereka disebarkan melalui website, video klip dan kartun pendek. Musiknya dibuat oleh berbagai musisi, utamanya oleh Albarn. Style musik yang diusung juga sangat beragam, diantaranya alternative, rock, hip hop, electronic, dub dan pop.



Album debut Gorillaz bertajuk Gorillaz, pada tahun 2001 terjual lebih dari 7 juta kopi dan membuatnya tercatan dalam Guinness Book of World Records sebagai Most Successful Virtual Band. Album ini masuk dalam nominasi Mercury Prize 2001, namun ditolak oleh mereka. Album ke-2, Demon Days, rilis pada 2005, 5 kali mendapatkan penghargaan platinum di UK, double platinum di AS, 5 nominasi Grammy Award pada tahun 2006 dan memenangkan salah satunya, yaitu kategori Best Pop Collaboration with Vocals. Selanjutnya band ini mendapatkan berbagai penghargaan, diantaranya 2 penghargaan dari MTV Video Music Award, sebuah penghargaan dari NME Award, 3 penghargaan dari MTV Europe Music Awards, dan masuk dalam 9 nominasi Brit Awards. Kombinasi antara Gorillaz dan Demon Days penjualannya mencapai 15 juta pada tahun 2007. Album ke-3, Plastic Beach rilis pada Maret 2010. Album terakhir mereka, The Fall, rilis pada Desember 2010 sebagai album yang bebas didownload secara gratis oleh para fans club mereka. April 2011, album tersebut rilis secara fisik.


BAND MEMBERS




Fictional Members

2D
Vocal, keyboards
Pengisi Vocal : Damon Albarn

2D



Terlahir dengan nama Stuart Pot (dari pasangan David dan Rachel Pot) di Heartfordshire, Inggris pada tanggal 23 Mei 1978. Stu-Pot (panggilannya) bukanlan anak yang cerdas, namun dikenal ramah dan menyukai musik. Ketika berumur 10 tahun, Stu jatuh dari pohon sehingga rambutnya berubah warna menjadi biru. Memasuki umur 19 tahun, kejadian tak terduga menimpanya. Murdoc yang mengendarai mobilnya menabrak kediaman paman Stu, tepatnya di tempat Stu berlatih piano. Kecelakan tersebut membuat Stu kehilangan beberapa gigi dan kedua bola matanya berubah kosong (tapi masih bisa melihat). Semenjak kecelakaan tersebut, Murdoc merekrutnya sebagai fontman band-nya, Gorillaz.
 


Murdoc Niccals
Bass, Drum machine

Murdoc

Seorang pria paruh baya yang menjalani hidup dengan arogan (semaunya sendiri). Doyan bersenang-senang dengan cewek, minum, dan bertingkah “gila”.


Russel Hobbs
Drum, Perkusi, Rap




Cowok negro ini lahir di Brooklyn, New York pada tanggal 3 Juni 1975. Dikenal sebagai orang yang sopan dan jarang bicara. Sempat bersekolah di Xavier School For Gifted Youngsters, namun dikeluarkan karena terlibat perkelahian dengan beberapa murid yang membuatnya mengamuk. Kejadian itu membuatnya koma hingga 4 tahun, dan ketika bangun, dia berubah menjadi orang yang sangat tenang layaknya pendeta. Russel melanjutkan sekolahnya di Brooklyn, ketika hip hop menjadi sangat populer.


Noodle
Gitar, Vokal
Pengisi vokal : Miho Hatori



Cewek Jepang yang lahir di Osaka, pada tanggal 31 Oktober 1990. Noodle dan 22 anak lainnya adalah calon prajurit Jepang yang disiapkan oleh ilmuan bernama Dr. Kyuzo. Karena merasa anak-anak tersebut menjadi sangat membahayakan, Dr. Kyuzo membunuh mereka kecuali Noodle. Dr. Kyuzo mengirim Noodle melalui FedEx ke Amerika, kemudian melaporkan kepada atasannya kalau dia telah mati. Di Amerika, Noodle memainkan solo-gitar yang menurut 2D sangat brilliant. Setelah menampilkan aksinya, Noodle selalu mengakhiri dengan tendangan karate dan satu-satunya kata yang dia tahu, “noodle”. Murdoc yang mengangkatnya sebagai anak, akhirnya menamainya demikian.


Noodle


Noodle terlihat seperti anak seusia SD yang nggak jelas jenis kelaminnya. Setelah beberapa tahun berlalu, sosoknya menjadi jelas (cewek) karena badannya yang semakin tinggi dan membentuk (pinggul dan dadanya).


Cyborg Noodle
Gitar

Cyborg Noodle


Sosok Noodle dalam versi cyborg yang muncul pada tahun 2010-2011 mengantikan posisi Noodle biasa.




Actual Members


Damon Albarn
Vokal, keyboard, drum machine, gitar, bass gitar, melodic

Jamie Hawlett
Ilustrasi, visualisasi, efek


Current Live Members


Mike Smith
Keyboard (2001-sekarang)

Cass Browne
Drum, perkusi (2001-sekarang)

Simon Tong
Lead & rhythm guitar (2005-sekarang)

Jeff Wooton
Lead guitar (2010-sekarang)

Mick Jones
Rhythm guitar (2010-sekarang)

Paul Simonon 
Bass guitar (2010-sekarang)

Jesse Hackett
Keyboards (2010-sekarang)

Gabriel Wallace
Drums (2010-sekarang)





Former Live Members

Simon Katz

Lead & rhythm guitar (2001-2001)


Junior Dan

Bass guitar (2001-2005)


Willian Lyonell

Lead & rhythm guitar (2002)


Roberto Occhipinti

Bass guitar (2005-2006)


Morgan Nicholls

Bass guitar (2005-2010)

DISKOGRAFI


Re Hash (2001)

Demon Days (2005)

D Sides (2007)

Laika Come Home (2008)

Plastic Beach (2010)

The Fall (2011)

 



SUMBER :

Gorillaz official website

Inthenews.co.uk

Fans.gorillaz.com

Spin.com

 
 

3 comments:

Daniel said...

ada yang baru nie.
tapi kog gak ada foto Band nya ya?? . hehe..

Lulu Niha said...
This comment has been removed by the author.
Lulu Niha said...

Kemarin modem ane lagi trouble...jadi postingannya belum slesei dah error dulu.
Ini lagi ane lanjutin...moga g ada hambatan lagi..hehe :D