September 2, 2012

Art Nouveau





Art Nouveau adalah gaya seni terutama seni terapan yang popular selama tahun 1890-1910. Nama “art Nouveau” diambil dari istilah Perancis yang berarti “seni baru”. Art Nouveau dikenal juga sebagai Jugendstill, dari bahasa Jerman yang berarti “gaya anak muda”. Gaya ini diinspirasi oleh bentuk-bentuk alam, seperti tanaman,  bunga, yang kuat dengan garis lengkungnya.


AMANTS
by Alphonse Mucha


Biscuits Lefevre Utile
by Alphose Mucha


Art Nouveau dipengaruhi kuat oleh artis Czech, Alphonse Mucha, ketika menghasilkan poster litografi yang muncul pada tanggal 1 Januari 1895 di jalan-jalan kota Paris sebagai iklan untuk Gismonda. Gaya ini mempopulerkan gaya artistic baru kepada warga Paris dengan nama Mucha Style, yang kemudian dikenal sebagai Art Nouveau.


Alphonse Mucha


Bieres de la Meuseby Alphonse Mucha


Lance Parfum "Rodo"
by Alphonse Mucha


Art Nouveau paling popular di Eropa, namun pengaruhnya bersifat global. Majalah Jugend mempublikasikan gaya ini di Jerman. Gaya arsitektur di Austria-Hongaria juga sangat terpengaruh. Tokoh-tokoh yang berperan mempopulerkan gaya ini adalah Gustav Klimt, Charles Rennie Mackintosh, Alphonse Mucha, Rene Lalique, Antoni Gaudi dan Louis Comfort Tiffany. 


Girl in A Grainfield
by Alphonse Mucha


TOPAZ The Precious Stonesby Alphonse Mucha


Moet & Chandon
Cremant Imperial

by Alphonse Mucha


MOET & CHANDON
Campagne White Star

by Alphonse Mucha
 

La Premiere & Feather
by Alphonse Mucha


Dari Berbagai Sumber 
 

No comments: