July 28, 2012

Lilya Rosefelt TUTORIAL

Beberapa kali teman-temanku di jejaring sosial memintaku untuk membuat tutorial gambar, namun aku belum pernah menyanggupinya karena belum sempat. Mudah-mudahan tutorial ini bisa memuaskan mereka...:D

Step 1

Step 1
Buka halaman baru. Buat layer sket di atas halaman awal, lalu beri nama (misal: sket). Buat layer outline diantara halaman awal dan layer "sket". Acuan "outline" adalah "sket", jadi buatlah serapi mungkin. Setelah siap, kamu bisa hapus(delete) layer "sket", karena sudah tidak perlu lagi menggunakannya.


Step 2

Step 2
Layer outline tetap paling atas, ubah mode-nya menjadi multiply, sehingga layer di bawahnya tetap terlihat. Buat layer blok warna di bawah "outline" (ctt: jangan gunakan cara seleksi, karena jika outline-mu ada yang terputus, warna bisa menyebar. Cara seleksi juga kurang efektif untuk proses selanjutnya). Warnai seluruh karaktermu.


Step 3


Step 3
Terlebih dahulu, tentukan darimana asal cahaya. Buat layer bayangan tahap awal (beri nama misal: bayangan 1) di atas layer blok warna. Bayangan ini utamanya untuk membuat efek "dimensi" pada objek. Gunakan brush padat untuk daerah yang pekat, serta brush blur dan atur opacity untuk menghasilkan efek gradasi yang halus.


Step 4

Step 4 
Buat layer bayangan lagi di atas bayangan 1 (misal: bayangan 2). Gunakan warna yang lebih gelap dari bayangan 1.


Step 5

Step 5
Buat layer bayangan terakhir di atas layer bayangan 2 (misal: bayangan 3), dengan warna yang mendekati hitam. Gunakan pada daerah lipatan dan bayangan yang ditimbulkan objek lain. (ctt: motif di sini seharusnya ada di layer lain, yaitu layer motif yang diletakkan di atas layer bayangan 3. Untuk membuatnya menyatu dengan warna dasarnya, ubah mode-nya hingga sesuai)


Step 6

Step 6
Tambahkan layer background di antara halaman awal dan blok warna. Pilih warna yang tidak jauh dari warna utama objek, supaya tetap ada "kesatuan". (ctt: untuk kasus gambar berupa ilustrasi atau yang melibatkan background pemandangan, sebaiknya setelah mengerjakan sket kerjakan dulu background-nya)


Step 7

Step 7
Buat layer cahaya di atas layer bayangan 3. Gunakan warna putih, dengan perubahan opacity yang disesuaikan dengan kebutuhan.


Step 8

Step 8
Buat layer efek di atas layer cahaya. Efek di sini adalah pantulan warna objek lain. Berfungsi untuk menambah kesan "real". (ctt: motif di sini seharusnya ada di layer lain, yaitu layer motif yang diletakkan di atas layer bayangan 3. Untuk membuatnya menyatu dengan warna dasarnya, ubah mode-nya hingga sesuai)

Step berikutnya adalah penambahan-penambahan yang berfungsi meramaikan bidang gambar serta memperkuat mood gambar :D


Step 9
Font


Step 10
Asap


Step 11
Mawar

-fin-



Semoga Tutorial ini bermanfaat untuk teman-teman semua... (**)v

No comments: