July 12, 2012

STEAMPUNK




Steampunk adalah genre yang mulai muncul selama tahun 1980 dan awal 1990-an yang menggabungkan unsur-unsur fiksi ilmiah, fantasi, sejarah alternatif, horor, dan fiksi spekulatif. Steampunk terinspirasi dari pengaturan tenaga uap yang secara luas digunakan pada masa Inggris di era Victoria atau era "Wild West" di Amerika Serikat. Karya steampunk sering menampilkan teknologi atau inovasi futuristik didasarkan pada perspektif Victoria pada fashion, budaya, gaya arsitektur, dan seni. Teknologi di sini termasuk mesin fiktif seperti yang ditemukan dalam karya-karya HG Wells dan Jules Verne, atau para penulis kontemporer Philip Pullman, Scott Westerfeld dan China Mieville.

 






Seni, Fashion dan Desain

Banyak visualisasi dari steampunk mengambil dari bentuk-bentuk dalam 20.000 Walt Disney Leagues Under the Sea, termasuk desain kapal selam cerita Nautilus, interior, dan peralatan bawah air kru dan 1960 Film George Pal, The Time Machine, dengan desain mesin waktu itu sendiri. Tema ini juga dibawa ke taman hiburan Disney dalam desain The Mysterious Island dari taman DisneySea Tokyo.
 
 
 
 
 

Desain Steampunk menekankan keseimbangan antara bentuk dan fungsi seperti Seni dan Crafts Movement, ini mengaburkan batas antara alat dan dekorasi. Berbagai objek utilitarian modern telah dimodifikasi oleh penggemar dengan gaya pseudo-Victoria mekanis "steampunk". Contoh benda termasuk keyboard komputer dan gitar listrik. Tujuan dari desain ulang tersebut adalah untuk menggunakan bahan yang sesuai (seperti sebagai kuningan dipoles, besi, kayu, dan kulit) dengan elemen desain dan pengerjaan sesuai dengan era Victoria, menolak estetika desain industri.




Kelompok seniman Kinetic Steam Works membawa mesin uap ke festival Burning Man tahun 2006 dan 2007. Pendiri kelompok ini, Sean Orlando, menciptakan Steampunk Tree House yang telah tampil di sejumlah festival . Tree House Steampunk sekarang secara permanen dipasang di Dogfish  Head Brewery di Milton, Delaware.




Karena popularitas steampunk, ada gerakan yang berkembang menuju pembentukan steampunk sebagai budaya dan gaya hidup. Beberapa fans mengadopsi estetika steampunk melalui fashion, dekorasi rumah, musik, dan film. Hal ini dapat digambarkan sebagai neo-Victorianisme, yang merupakan penggabungan dari prinsip estetika Victoria dengan sentuhan modern dan teknologi.
 
 
 
 
 
Steampunk mode tidak memiliki pedoman yang ditetapkan, tetapi cenderung untuk mensintesis gaya modern dipengaruhi oleh era Victoria. Atribut yang dipakai diantaranya gaun, korset, rok, rompi, jas, topi tinggi atau pakaian militer. Steampunk biasanya diberi aksen aksesoris teknologi seperti: jam, payung, kacamata terbang atau mengemudi, dan senjata. Aksesoris modern seperti ponsel atau pemutar musik dapat ditemukan di pakaian steampunk, setelah dimodifikasi untuk memberi mereka penampilan Victoria. Aspek mode steampunk telah diantisipasi oleh mainstream high fashion,  Lolita mode dan gaya aristokrat, neo-Victorianisme, dan subkultur romantic goth.
 
 
 
 
 
SUMBER :
morewaystowastetime.blogspot.com
stylemag-online.net
concentric-studio.com
roguethegirl.com
themerooms.blogspot.com
thegirliegeekblog.com
stella-exlibris.com
magdaleena.tumblr.com
aibob.blogspot.com
buysteampunk.com
smashingmagazine.com
rubixlk.buzznet.com

7 comments:

Unknown said...

yg bau2 victorian mang keren

Metalu (Kyo Yuzuki) said...

hoho...
pdahal itungannya gaya jadul

Nanda said...

wow tulisan yang spektakulier,,,

Metalu (Kyo Yuzuki) said...

Dapat dari berbagai sumber sih...haha
Terima kasib pujiannya :D

Hank said...

Love Steampunk Style....

mahapatih antik said...

Bahasan yg sangat bagus n menarik

bizardlovedad@gmail.com said...

keren,ini yang gak bisa didapat di instagram,so kembalilah ke blog !
BANYAK YANG UDAH PADA BERHANTU BLOGNYA.!