July 12, 2012

Cyberpunk X Cybergoth






CYBERPUNK

Cyberpunk adalah sebuah subgenre fiksi ilmiah yang menggambarkan keadaan distopia disertai pemanfaatan teknologi tingkat tinggi. Cerita-cerita cyberpunk umumnya terjadi pada masa depan yang tak jauh dari masa kini dan di dalamnya banyak ditemui unsur-unsur film noir serta tokoh dan elemen seperti hacker, perusahaan besar, dan kecerdasan artifisial.



Meskipun kisah-kisah ala cyberpunk telah ada sejak tahun-tahun sebelumnya, subgenre ini baru mulai dikenal luas pada tahun 1980an, ditandai dengan terbitnya novel Neuromancer (1984) karya William Gibson dan film-film seperti Blade Runner (1980), Tron (1982), dan Akira (1988). Istilah cyberpunk sendiri pertama kalinya diperkenalkan penulis AS, Bruce Bethke pada tahun 1980 melalui novelnya yang juga berjudul Cyberpunk (cerita ini selesai ditulis tahun 1980, namun diterbitkan tahun 1982). Istilah ini kemudian dipopulerkan menjadi sebagai salah satu bentuk sastra oleh Gardner Dozois, seorang editor majalah fiksi ilmiah.

TRON

Blade Runner


Fashion

Gaya cyberpunk identik dengan futuristik namun tetap terkesan suram. Banyak memunculkan warna terang dengan kontras hitam mengkilat.











CYBERGOTH

Sejarah

Cybergoth merupakan subkultur yang berasal dari unsur cyberpunk, gothic, raver, dan rivethead fashion. Tidak seperti tradisional Gothic, Cybergoths lebih mengikuti musik dansa elektronik daripada rock.









Istilah 'Cybergoth' ini diciptakan pada tahun 1988 di Inggris, pada sebuah Games Workshop, untuk game Roleplaying mereka yang bernama Dark Future. Gaya busana dalam game ini belum pernah ada dan tidak muncul dimanapun setelah satu dekade kemudian.


 

Valerie Steele mengutip definisi yang diungkapkan Julia Borden mengenai cybergoth, yaitu penggabungan unsur-unsur estetika industri dengan gaya "Gravers" (Gothic ravers). Gaya ini merupakan fusi antara gaya New York dan London yang dimulai pada tahun 1999. Awalnya Borden menganggap bahwa rambut extension dan fishnets terang tidak cocok digabungkan dengan gothic fashion, namun di tahun 2002 elemen-elemen itu sangat cocok setelah digabungkan dengan aksesori berbau Industri, seperti kacamata, pakaian reflektif, dan pakaian dengan warna dominan hitam.





Nancy Kilpatrick mengungkapkan bahwa penampilan David Bowie pada 1970-an adalah inspirasi awal gaya ini, serta Metropolis garapan Fritz Lang merupakan prototipe estetika cyber. Kilpatrick juga menghubungkannya dengan novel fiksi ilmiah cyberpunk, terutama Neuromancer karya William Gibson.

Fashion

Umumnya gaya cybergoth terkesan androgini. Gaya ini kadang-kadang memakai warna kontras dengan tema terang atau neon-reaktif, seperti merah, biru, hijau neon, krom, atau pink, yang menempel pada baju, dengan warna dasar gothic hitam. Matte atau bahan hitam mengkilap seperti karet dan PVC dapat dicampur dan dicocokkan dalam upaya untuk menciptakan tampilan yang lebih buatan.





Penjajaran hitam-monokromatik dapat mengambil berbagai bentuk, termasuk rambut berwarna dan make-up cerah, pola cybernetic seperti papan sirkuit LED, modifikasi bentuk badan, masker gas dan kacamata (terutama gaya penerbang), biasanya dikenakan pada dahi atau sekitar leher, bukan pada mata. Rata-rata rambut diperpanjang atau "falls" terbuat dari berbagai material untuk digunakan sebagai tabung fluoresen. Klub gear populer dalam cybergoths seringkali memakai celana dan rompi hitam ketat, atau kemeja dipotong dan dirobek, kain padat atau jala, kostum menyerupai gaya dalam novel Gothic awal abad 19 atau film horor hitam-putih dari pertengahan abad 20.







Perusahaan yang mengkhususkan diri dalam gaya ini termasuk Cyberdog, DANE di London, Pen & Lolly clubwear yang berbasis di Sheffield (Inggris), Lip Service, yang berbasis di California Selatan, Robotic Kitty Fashions yang mengkhususkan diri dalam custom, dibuat sesuai pesanan cybergoth gear, yang berbasis di Chicago, dan Diabolik, sebuah toko di Montreal.




Rambut

Gaya Cybergoth menggabungkan potongan rambut mewah dan gaya, termasuk gimbal sintetis, cyberlox, ekstensi dan sebagainya. Potongan-potongan rambut dapat dibuat dari berbagai bahan, dari rambut asli, rambut kankelon sintetis, tabung plastik, tabung crin, karet dan strip busa, ikat pinggang, dan sering beraksen dengan kacamata. DIY Cyberfalls contohnya, menggunakan hampir semua bahan di atas. Banyak gaya yang berbeda dari cyberlox dan produk rambut terkait dapat ditemukan di situs seperti CyberloxShop yang berbasis di Inggris.





SUMBER :
myasianfashion.com
mysterybruises.blogspot.com
burdastyle.com
coilhouse.net
funguerilla.com
hairbrained.me
indulgy.com
hipsterloli.tumblr.com

No comments: