August 30, 2014

April Xia Da: Cute & Good Comic Artist


April Xia Da (lebih dikenal dengan nama Xia Da) adalah seorang comic artist dari China yang sangat terkenal karena wajahnya yang imut meski sudah berusia lebih dari 30tahun.

PROFIL

Nama China : Xia Da
Nama Inggris : April
Tempat Tinggal : Huangzhou, China
Tanggal Lahir : 4 April 1981
Zodiak : Aries
Golongan Darah : O
Pendidikan : Universitas Changsha
Profesi : Cartoonist, Comic Artist


Xia Da mulai menggambar manga dan mempublikasikannya sejak ia masih berada di bangku sekolah menengah. Karya pertamanya adalah Cheng Zhang (Growing Up) yang dipublikasikan dalam majalah Beijing Cartoon. Selama menempuh pendidikan di Universitas Jurusan design di Provinsi Hunan, komik strip Siyuewuyu (April Story) dipublikasikan di Beijing.


Terinspirasi dari kesuksesan dan kesenangannya akan komik, Xia meninggalkan Hunan dan pindah ke Beijing setelah lulus untuk menjadi seorang comic artist profesional. Kemudian dia bergabung dengan grup komikus muda di studio Summerzoo.




Selama bekerja di Beijing, Xia Da mendapatkan makin banyak fans, terutama ketika meluncurkan komik strip berjudul Midelande Chenxing (Midland Stars). Apalagi setelah karyanya Luoxuewusheng (Silent Falling Snow) diadaptasi menjadi serial TV.

Setelah studio Summerzoo pindah ke Huangzhou pada tahun 2006, Xia ikut pindah ke sana. Karirnya semakin menanjak dengan karyanya yang berjudul Zi Bu Yu (Confucius Didn’t Say), cerita tentang gadis 9 tahun yang pindah ke gunung bersama orang tuanya. Cerita berdasarkan sudut pandang anak kecil dan banyak ilustrasi yang menggambarkan keindahan-keindahan dunia ghaib. Zi Bu Yu memenangkan kejuaraan Golden Dragon Award pada tahun 2008, ajang penghargaan yang berdiri sejak 2004 di China.



Xia Da ketika menerima penghargaan


Zi Bu Yu (Confucius Didn't Say)


Juri dari kompetisi tersebut diantaranya Shigeki Yukio, chief editor Shueisha Inc. dan cartoonist Matsui Eimoto. Mereka merekomendasikan Zi Bu Yu untuk diterbitkan dalam majalah manga top Ultra Jump di Jepang. Zi Bu Yu akhirnya diterbitkan pada tahun 2009, sekaligus menjadi manga yang dibuat oleh artis China pertama yang diterbitkan di Jepang dan mendapatkan popularitas tinggi.

Selama Zi Bu Yu diterbitkan, Xia Da tidak pernah menunjukkan dirinya sampai fotonya beredar di dunia maya dan langsung menjadi idola di Jepang karena parasnya yang dianggap lebih cantik dari seorang bintang sekalipun. Namun hal ini justru membuatnya malu dan marah.





“Saya selalu bermimpi bisa menghasilkan karya terbaik sebagai seorang seniman dan saya telah melakukan banyak perjuangan untuk itu. Saya telah mengabdikan diri saya lebih dari 10 jam sehari untuk menggambar. Orang-orang tidak akan bisa membayangkan berapa kali komik saya ditolak oleh penerbit. Tetapi sekarang saya terkenal karena penampilan saya, itu memalukan.”, ujar Xia dalam blog-nya.

Dia juga berkata, “Foto-foto tesebut hanya untuk bersenang-senang, bukan promosi. Saya mohon anda semua berhenti menyebarkannya dan jangan panggil saya “gadis cantik” atau “lolita” lagi, karena itu membuat saya malu”.

“Saya berterima kasih kepada mereka yang telah memuji saya cantik. Tapi saya orang-orang lebih memperhatikan karya saya dan memberi ruang untuk saya berkarya,” jelas Xia.





Xia berharap karya barunya, Gesila Bushuohua (Godzilla Doesn’t Talk) akan mengambil hati pembaca dari segi kualitasnya, bukan karena penampilannya. Komik Ini rilis pada bulan April 2014. Cerita komik tersebut merupakan otobiografi Xia ketika berumur 14 tahun. 

“Saya ingin berbagi dengan semua gadis tentang kesepian dan indahnya masa yang kita miliki ketika kita masih muda." ungkap Xia.



Karya Lainnya


Afternoon

Afternoon
(Drama, Romance, Shoujo, Slice of Life)


Chang Ge Xing ( Song of The Long March)

Chang Ge Xing ( Song of The Long March)
(Action, Adventure, Drama, Gender Bender, Historical, Seinen, Shoujo)


Eternal Moment

Eternal Moment
(Josei, Romance, Slice of Life)


Fairytale of Winter

Fairytale of Winter
(Fantasy, Romance, Shoujo, Slice of Life, Tragedy


Peony Pavillion

Peony Pavillion
(Drama, Historical, Josei, Romance, Slice of Life, Tragedy)
Wings (Josei, Slice of Life, Tragedy)


Wings

Wings
(Josei, Slice of Life, Tragedy)


Karya-karya Xia Da memang berkualitas...ceritanya natural dan ilustrasinya sangat cantik. Menurutku, wajahnya yang cantik adalah poin tambahan saja. Itu kan anugrah juga, tak ada salahnya dimanfaatkan. *jadi model cucok banget lo...kawai maksimal!! >.<


SUMBER:


mangaupdate.com
chinadecode.com
chinesecio.com
chinabook.ch
mangareader.net
tenmanga.com

No comments: