May 8, 2012

Gundam (series) Pilot

Pertama kali aku mengenal Gundam ketika Indosiar menayangkan serial Gundam Wing. Waktu itu aku langsung tergila-gila dengan mecha-nya, tokoh utamanya, Heero Yuy dan pilot MS-Death Scythe- Duo Maxwell, serta style artwork-nya. Saking terobsesinya, sampai-sampai aku mengoleksi kartu nama hadiah dari Mie Gemez khusus yang bergambar Gundam.

Ketika SMP, beberapa kali aku meminjam majalah dari kakak kelas yang berisi artikel Gundam, kufoto copy, kemudian kucontek gambarnya. Dan ketika kenal dengan Animoster, aku berburu edisi lama yang berisi artikel Gundam. Kalau urusan wallpaper dari internet, jangan tanya lagi... Hingga kini aku masih sangat suka dengannya (Gundam) dan mulai mengoleksi gashapon serta model kit-nya^^.

Gundam memang serial bergenre mecha yang sangat populer dan melegenda. Selain karena desainnya yang merupakan versi real-robot pertama, model kit-nya (dengan skala tertentu) juga tersedia (terima kasih untuk Bandai). 

Tak lupa, keberadaan pilot-pilotnya yang luar biasa juga menjadi pendukung kepopulerannya. Cowok-cowok remaja yang rata-rata bishonen (berwajah cantik) ini selain sebagai protagonis, mereka memang memiliki kemampuan superior.


Amuro Ray

versi pertama

Karakter utama dalam serial anime pertama Gundam berjudul Mobile Suit Gundam (1979-1980) ini memiliki sifat layaknya remaja biasa. Yang menjadikannya istimewa adalah dia seorang Newtype, sebutan manusia berkemampuan superior dalam timeline Universal Century (UC).

versi ke-2
(Mobile Suit Gundam: Char's Counter Attack)


RX-78

RX-78 adalah MS Gundam dengan ukuran terkecil yang dikendarai oleh tokoh utama. Meski demikian, ia sangat melenda dan model kit-nya diburu para kolektor. Bahkan versi real dengan skala 1/1-nya telah dibuat di Odaiba, Tokyo.

Amuro Ray cosplay


Camille Vidan

versi pertama

Karakter utama dalam serial Mobile Suit Zeta Gundam (1985-1986) yang sangat bishonen. Meski demikian (tampangnya bishonen), sifatnya cenderung melankolis. Berbeda dengan kebanyakan karakter utama Gundam lainnya yang memiliki pasangan (cewek) seumuran, cewek Vidan berusia (dan terlihat) jauh lebih tua.

MS-Z-006
(Zeta Gundam)


Camille Vidan versi remake


Judau Ashta


Karakter utama dalam serial Mobile Suit Gundam ZZ (1986-1987). Karena belum pernah menontonnya aku tidak tahu bagaimana sifatnya. Sekilas mirip Amuro Ray versi baru.

MS-Z-010

Judau Ashta cosplay


Uso Ewin 


Pilot termuda (13 tahun) dari seluruh serial Gundam. Karakter utama dalam Mobile Suit Victory Gundam (1993-1994), yang merupakan serial paling "tidak laku".

V2-gundam


Domon Kasshu



Karakter utama dalam serial Mobile Fighter G Gundam (1994-1995), awal perubahan timeline menjadi Future Century. G Gundam disebut-sebut sebagai serial paling nyeleneh (beda) dibandingkan Gundam lainnya. Sesuai namanya, pertarungan dalam G Gundam adalah sebuah turnamen. Seperti main-main saja, desain mobile suit serial ini keluar dari konsep awal dan terkesan konyol. Bahkan karakter utamanya, Domon, juga satu-satunya tokoh utama yang bersifat mata keranjang.

GF13-0017-NJII
(God Gundam)

Hanya G-gundam dan Master Gundam (lawannya) saja yang masih tampak normal. Selebihnya, desain MS peserta turnamen lebih mirip hewan atau benda yang identik dengan Negara masing-masing.

Domon Kasshu cosplay
(battle suit version)

Domon Kasshu cosplay


Heero Yuy





Karakter utama dalam seria Mobile Suit Gundam Wing (1995-1996) (time line: After Collony) yang sangat kusukai. Heero adalah seorang asssassin yang memiliki kemampuan tubuh luar biasa (tidak merasa sakit dan sangat mudah sembuh dari luka). Cowok yang awalnya bersikap dingin ini lama-lama berubah karena disadarkan oleh Relena, putri keluarga Piscraf yang ikut memperjuangkan kedamaian.

Wing Gundam


Wing Gundam(versi Katoki Hajime)


Wing Zero(Endless Waltz)

Model kit gundam ini termasuk paling laris, sehingga dibuat dalam beberapa versi.

Heero Yuy cosplay


Heero Yuy cosplay
(baru kali ini cosplayer-nya cowok beneran..^^)


Duo Maxwell X Heero Yuy
(cosplay)


Trowa Barton, Heero Yuy, Duo Maxwell
(cosplay)


Garrod Ran




Karakter utama dalam serial After War Gundam X (1996). Desainer karakternya sama dengan Gundam Wing, tak heran banyak kemiripan antara keduanya. Perhatikan, Garrod mirip dengan Duo Maxwell.

Gundam X-9901-DX


Garrod Ran cosplay


Loran Cehack





Karakter utama dalam serial Mobile Suit Turn A Gundam (1999-2000) (timeline: Correct Century). Cowok bishonen yang sangat feminin, bahkan tidak segan menyamar sebagai cewek.

Kualitas animasi serial ini lebih jelek dibanding serial sebelumnya, yaitu Gundam X dan Gundam Wing. Entah karena kurang dana atau apa, yang jelas kekurangan itu, ditambah desain mecha yang tidak menarik membuatnya kurang diminati.

Turn A Gundam

Desain Turn A (yang aneh) mengingatkanku pada tokoh-tokoh dari Madura seperti Sakerah..^^

Loran Cehack cosplay



Kira Yamato





Karakter utama dalam serial Mobile Suit Gundam SEED (2002-2003) yang menjadi serial Gundam paling populer. Satu-satunya serial Gundam yang memiliki artwork dengan gaya shojo (kecewek-cewekan, karakter bishonen dimana-mana). Banyak pecinta Gundam yang merasa kecewa (termasuk aku), namun banyak sekali cewek yang "menjadi suka", meski ceritanya bergenre mecha.

Strike Freedon Gundam

Model kit Strike Gundam menduduki peringkat ke-2 (setelah Gundam 00 QanT di posisi 1) dalam penjualannya.

Kira Yamato cosplay
(battle suit version)

Kira Yamato & Torii
(cosplay)


Shinn Asuka






Karakter utama dari serial Mobile Suit Gundam SEED Destiny (2004-2005) yang merupakan sekuel dari Gundam SEED. Ceritanya mirip, hanya saja kubunya dibalik. Tujuan pembuatan SEED Destiny tentu saja untuk memperjelas ending dari SEED (yang masih menggantung), namun kenyataannya justru mengaburkan. Shinn yang seharusnya menjadi center cerita memiliki sifat yang plin-plan dan kurang menarik, sehingga kalah dengan Atrhun Zala yang seharusnya menjadi karakter ke-2. Parahnya, sampai bagian tengah hingga akhir karakter utama malah tergantikan oleh Kira (karakter utama dalam Gundam SEED) yang seharusnya hanya sebagai kameo.
Destiny Gundam

Meski banyak kekurangan, tetap saja serial ini menjadi populer karena cewek-cewek menyukainya.



Shinn Asuka cosplay


Setsuna F. Seiei

Setsuna season 1 & 2


Setsuna F. Seiei
(Krugis War)




Karakter utama dalam serial Mobile Suit Gundam 00 (2007-2009) (timeline: Anno Domini). Sifatnya agak mirip Heero, namun lebih manusiawi. Aku suka sekali dengannya (tatapan matanya tajam!). Sayang sekali dalam movie terakhirnya dia menyatu dengan alien.

Exia Gundam

Desain unik Exia membuatnya sangat diminati oleh kolektor. Bahkan, mobile suit Gundam 00 QanT yang dipiloti Setsuna pada paruh terakhir season 2 menduduki peringkat pertama dalam penjualan model kit-nya.

Setsuna F. Seiei cosplay
(Gundam 00 season 2)


Setsuna F. Seiei cosplay
(Gundam 00 season 2)


Tieria Erde X Setsuna F. Seiei(cosplay)

Meski awalnya seorang manusia biasa, Setsuna akhirnya menjadi Innovator (original) seperti Tieria dan menghuni Veda (sumber G.N. Particle)



Sumber :
Gundam Wiki
Wikipedia
Gundamofficial

10 comments:

ninu milia said...

cuma gundam wing+00 yg enak ditonton.
paling gk enk nonton seed.
gk cm wujud manusia2nya, karakter manusia2nya jg malesin, terkecuali athrun tentunya.
tp mechanya bgus

metalu said...

emang kmu dah nonton smua seri?

versi OVA lebih bagus lagi...
kayak Gundam Unicorn

Anonymous said...

iya,.. gundam unicorn kerenfilm nya,

Lulu Niha said...

iya...
sayangnya dah dapet episode5 g ada subtitle-nya :(

Vicky Regiansyah said...

Gundam the 08th ground type itu lebih real gan kayak perang beneran

Metalu (Kyo Yuzuki) said...

Belum pernah nonton ane gan.. :P

muhammad amin said...

Turn a gundam yg laling aneh, tp merupakn gundam trkuat d semesta. critanya bnr2 muter otak.

Anonymous said...

Bacot lu buka aja nekopoi biar fap fap sekalian ampe bucat kanyut lu

Anonymous said...


Trik Trik Curang Remi9
Cara CUrang Remi9
Trik Menang Remi9

Cara Menang Remi9
Program Cheat Samgong
Tips Menang Remi9

Trik Curang Ceme
Cara Hack Chip Remi9
Program Jitu Sakong

Trik Jitu Sakong
Cara jitu Sakong
Tips Curang Sakong
Cara Hack Remi9

Arya dwi said...

Bang mau tanya yg bener punya amuroray itu nu gundam atau RX-78
Soalnya waktu main ps namanya nu gundam klo punyanya domon burning gundam tolong balasannya (maklum masih newbie)