October 21, 2011

Mad House



Madhouse Inc (株式会社 Kabushiki-gaisha Maddohausu) adalah studio animasi Jepang yang didirikan pada tahun 1972 oleh mantan animator Mushi Pro diantaranya Masao Maruyama, Osamu Dezaki, Rintaro, dan Yoshiaki Kawajiri. Hal inilah yang menyebabkan Madhouse banyak menghasilkan tayangan terkenal, dimulai dengan anime serial TV Ace o Nerae! pada tahun 1973, dan yang menjadi favorit di barat antara lain Ninja Scroll, Vampire Hunter D: Bloodlust, Trigun dan Di Gi Charat.

Ace o Nerae!

Ninja Scroll

Vampire Hunter D: Bloodlust

Trigun

Di Gi Charat

Tidak seperti studio lainnya di masanya, seperti AIC dan JCStaff, kekuatan utama mereka ada pada acara TV dan teater. Berniat untuk memperluas jangkauan, Madhouse yang terdiri dari mantan staff Mushi Pro, merekrut direksi penting seperti Morio Asaka, Masayuki Kojima, dan Satoshi Kon selama tahun 1990-an. Daftar staf mereka diperluas di tahun 2000 dengan memasukkan Mamoru Hosoda, Takeshi Koike, dan Mitsuo Iso, serta banyak sutradara televisi yang lebih muda. Studio ini untuk pertama kalinya bertanggung jawab menggarap anime Beyblade serta Dragon Drive


Beyblade

Dragon Drive

Madhouse sering bekerjasama dengan manga, termasuk Naoki Urasawa dan Clamp. Studio ini telah menghasilkan adaptasi dari manga karya Urasawa seperti Yawara!, Master Keaton dan Rakasa (Monster). Sedangkan adaptasi dari manga karya CLAMP diantaranya Tokyo Babylon, dua versi X, Cardcaptor Sakura, Chobits, Clamp in Wonderland, dan yang terbaru adalah Kobato.

Yawara!

Master Keaton

Rakasa (Monster)
 
Tokyo Babylon

X

Cardcaptor Sakura

Chobits

Clamp In Wonderland

Kobato


Bisnis 

Studio ini mempekerjakan sekitar 80 pegawai full-time, dengan tingkat pekerjaan yang bervariasi tergantung pada jumlah produksi yang sedang berlangsung. Selain itu, perusahaannya sendiri mengatur anak perusahaan di Korea, yaitu studio DR. Movie, yang mempekerjakan sekitar 350 staf.



Films

Teater karya awal Madhouse (termasuk ketika masih mendapat bantuan dari Barefoot film, dan Lensman) adalah sebuah film anime berdasarkan serial opera menjadi legenda fiksi ilmiah EE "Doc" Smith. Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, direktur Yoshiaki Kawajiri menghasilkan sebuah rangkaian action film diantaranya Demon City Shinjuku, Wicked City, dan Ninja Scroll. Pada akhir 1990-an, garapan studio ditujukan untuk khalayak perempuan muda dengan dua film Morio Asaka berdasarkan serial televisi populer Cardcaptor Sakura.

Demon City Shinjuku

Wicked City

Di awal tahun 2000an, sebuah kolaborasi ambisius dengan Tezuka Production menghasilkan Metropolis, disutradarai oleh Rintaro dan diadaptasi dari manga karya Osamu Tezuka. Sebelumnya Tezuka Production sempat menggarap dua film panjang yang dibuat untuk Sanrio, dibintangi oleh karakter unicorn Tezuka, yaitu Unico. Direktur Satoshi Kon menghasilkan keempat film studio ini: Perfect Blue, Millenium Actrees, Tokyo Godfather, dan Paprika, serta serial TV Paranoid Agent. Kon juga membuat film kelima The Dream Machine dengan Madhouse, meskipun kematian menjemputnya pada tahun 2010, sebelum film ini rampung. 

Metropolis

Perfect Blue

Millenium Actrees

Tokyo Godfather

Paprika

Paranoia Agent

The Dream Machine


Pada tahun 2003, Madhouse memproduksi Nasu: Summer In Andalusia, yang diadaptasi dari manga seinen Nasu karya Iou Kuroda dan disutradarai oleh veteran Studio Ghibli Kitaro Kosaka. Nasu adalah film animasi pertama Jepang yang terpilih untuk screening pada Cannes Film Festival. Kosaka menindaklanjuti filmnya dengan membuat sekuel OVA pada tahun 2007. Dan pada tahun 2006, sutradara Mamoru Hosoda memulai karirnya di studio dengan menyutradarai The Girl Who Leapt Through The Time. Produksi terbaru adalah debut teater Masayuki Kojima yaitu Piano no Mori (2007), karya Hosoda yang diakui, Summer Wars (2009), debut teater Madhouse dengan direktur Sunao Katabuchi, Mai Mai Miracle (2009), film pertama berupa animasi CG, Yona Yona Penguin ( 2009), versi teatrikal terkenal Trigun series, Trigun: Badlands Rumble (2010), dan film debut Takeshi Koike, Redline (selesai 2009, dirilis 2010). Film mendatang meliputi Tibetan Dog, bekerja sama dengan China, karena keluar pada tahun 2011. 

Nasu: Summer in Andalusia

The Girl Who Leapt Through The Time

Piano no Mori

Summer Wars

Mai Mai Miracle
Yona Yona Penguin

Redline



Secara kolektif, film-film Madhouse telah memenangkan dua Japan Academy Prize, dua Gertie Award, enam Mainichi Films Award (tiga Ōfuji Noburō Awards, dan tiga Animation Grand Award), dua Tokyo Anime Award untuk Animation of the Year, dan lima Kobe Animation Feature Film Awards.


No comments: