October 13, 2011

KARAS



KARAS adalah OVA (Original Video Animation) 6 episode yang dibuat oleh Tatsunoko Production untuk memperingati ulang tahun ke-40nya. Masing-masing episode KARAS pertama kali ditayangkan di televisi Jepang sebagai pay per-view program, yaitu mulai 25 Maret 2005, sampai 3 Agustus 2007, sebelum dirilis ke DVD. Episode dari Manga Entertainment disusun dan dirilis sepanjang dua babak, dalam versi bahasa Inggris.




KARAS bercerita tentang Yousuke Otoha, seorang mantan yakuza yang tinggal di Shinjuku, Tokyo (versi fiksi) yang dihuni oleh manusia dan Yokai (roh). Dia adalah salah satu KARAS, manusia yang ditunjuk sebagai penyeimbang bumi. Sebagai pelindung manusia dan Yokai, KARAS (dengan kekuatannya yang berasal dari Yurine-kucing betina putih yang bisa berwujud seorang gadis) ada di masing-masing kota di Jepang. Mereka mampu berubah menjadi sebuah mobil, pesawat terbang, dan tentara. Otoha adalah KARAS pengganti, KARAS sebelumnya adalah seorang ahli pedang yang handal namun dibunuh oleh Ekou, KARAS lain yang juga pelindung Shinjuku, sebagai upaya untuk mengambil alih Tokyo. Para sekutu Ekou adalah Mikura, sebutan untuk Yokai terkuat yang terdiri dari Kamaitachi, Wanyudo, Suiko, Tsuchigumo dan Byako.

Otoha's Form

Ekou's Form


Tema utama cerita ini adalah mengenai “pilihan Yokai”. Sebagai pelindung kota, dua KARAS Shinjuku merepresentasikan perbedaan. Yokai harus membuat pilihan untuk mendukung salah satu dari mereka. Dengan mengikuti Ekou, manusia diperbudak dan kehadiran Yokai akan dikenalkan pada mereka. Dengan berdiri di belakang Otoha, Yokai harus menerima manusia dan terus berusaha hidup dengan mereka. Menggunakan hubungan manusia dan Yokai sebagai analogi interaksi antar manusia, menyiratkan imbauan untuk saling tebuka dan bergerak, bukan hanya diam, berlindung dan mengharapkan datangnya hasil.



KARAS memenangkan Best Original Video di tahun 2006 dalam Tokyo Anime Award, dan sebagian besar reviewer terkesan dengan gambar anime ini yang dihasilkan dari gabungan 2D dan 3D shading


No comments: