March 19, 2013

Karya Pasca Tifus



Cuaca yang sering berubah memang membuat rentan kekebalan tubuh. Banyak sekali orang-orang terjangkit flu, batuk, dan anehnya tifus juga. Salah satu korban kondisi ini adalah aku, yang sepulang kumpul-kumpul dengan teman di saat terik, tiba-tiba terkena gerimis ketika pulang, langsung terkapar karena demam, flu dan batuk.

WOMAN
media : pencil on paper



Lima hari berlalu tanpa sedikitpun kesehatanku membaik, meski sudah 3 macam obat turun panas, flu dan batuk kukonsumsi. Akhirnya kuputuskan untuk berobat ke dokter pada hari ke-7. Setelah dilakukan berbagai tes, diantaranya tes darah dan tes urin, dokter bilang, “Untung bukan demam berdarah. Lain kali kalau 3 hari demam tidak turun juga, langsung ke dokter ya? Kamu terserang tifus dan infeksi saluran kencing.” Aku hanya mengangguk-angguk sambil terus terbatuk-batuk. Selanjutnya, 6 macam obat harus kukonsumsi tiap hari. Karena itu, semua hal di sekelilingku bau obat, sampai-sampai keringat dan kencingku juga.



Alice in Wonderland
media : drawing pen & water color pencil on paper



Terhitung dua minggu lebih empat hari kesehatanku mulai kembali. Selama itu, aku hanya mengkonsumsi bubur 3x sehari, mandi pun hanya dengan air hangat, 1 x 2 hari. Pola hidup yang tak biasa ini tanpa sadar membuatku berubah secara signifikan. Pertama, berat badan yang turun drastis, sampai dilihatpun langsung tertangkap kalau aku semakin tipis dan tirus. Ke-2, tiap kali bergerak serasa tidak seimbang, sehingga seringkali aku hampir jatuh. Ke-3, bau badanku yang memuakkan, benar-benar membuatku ingin muntah (terlepas dari rutinitas muntahku selama sakit, karena lambung menolak makanan :P)

Lightning Behind the Our Warmth
media : water color pencil on paper


Kesehatan memang berharga. Selama sakit, aku merasa menjadi orang yang tidak berguna karena tidak bisa menghasilkan apapun. Ketika memasuki masa penyembuhan, aku pun berusaha keras mengembalikan kondisiku seperti semula dengan makan sebanyak yang kubisa, membiasakan diri untuk banyak bergerak, dan melatih otot-otot tanganku menggunakan alat-alat gambar lagi. Alhasil, meski masih sering lemas dan bergetar, aku bisa menyelesaikan karya-karya berikut

Cindy Gulla
(my favorite member of JKT48)
media : pencil on paper



Pelajaran penting yang bisa kupetik dari pengalaman ini adalah menjaga kesehatan itu sangatlah penting. Ketika badan merasa lelah dan cuaca kurang bersahabat, sebaiknya jangan lupa meminum multivitamin atau vitamin c sebelum beristirahat.

No comments: