October 13, 2012

Tiger & Bunny

Tiger & Bunny (タイガー&バニー) adalah serial anime TV Jepang yang diproduksi oleh Sunrise pada tahun 2011 di bawah pengawasan Keichii Satou yang terkenal kesuksesannya menyutradarai KARAS. Screenplay ditulis oleh Masafumi Nishida, dengan original character ditangani oleh Masakazu Katsura. Serial ini mulai tayang sejak 3 April 2011 di channel Tokyo MX, kemudian BS11 dan MBS, dan berakhir pada 17 September 2011. Viz Media juga menayangkannya secara streaming di Hulu dan Anime News Network.




Cerita Tiger & Bunny diadaptasi menjadi manga one-shot, dikerjakan oleh Masakazu Katsura yang telah dipublikasikan oleh Shueisha dalam majalah Weekly Young Jump pada 4 Agustus 2011 dan dibuat 2 buah film sekuel  yang tayang selama ada event special di bulan November 2011. Film pertama berjudul Gekijō-ban Tiger & Bunny -The Beginning, dirilis pada 22 September 2012. Film ke-2, Gekijō-ban Tiger & Bunny -The Rising- rilis pada 2013.






SINOPSIS

Timeline cerita NC 1978, di sebuah kota futuristik, versi imajinasi dari New York, bernama Sternbild City. 45 tahun sebelumnya, individu yang sangat kuat yang dikenal dengan sebutan “NEXT” mulai bermunculan, dan beberapa dari mereka menjadi superhero. Masing-masing superhero terkenal di kotanya bekerja untuk sebuah perusahaan sponsor dan seragam mereka juga tertera logo perusahaan sebagai iklan. Aktivitas heroik para superhero ini ditayangkan dalam acara TV populer “Hero TV” yang mengakumulasi point masing-masing hero dari jasa mereka (melawan kejahatan, menolong warga sipil, dll). Hero dengan nilai tertinggi dalam satu season akan mendapat gelar sebagai “King of Heroes”.


Cerita ini terpusat pada seorang hero veteran bernama Kotetsu T. Kaburagi aka Wild Tiger (Tiger) yang mendapatkan partner baru, seorang pemuda bernama Barnaby Brooks Jr (Bunny). Selama bekerja bersama, Kotetsu dan Barnaby seringkali mengalami masalah karena perbedaan pendapat mengenai aksi seorang superhero yang benar. Sembari melakukan aktivitas superhero, mereka juga berusaha menguak misteri pembunuhan orang tua Barnaby. Selain itu, kemunculan seorang NEXT bernama Lunatic membuat mereka mempertanyakan apa makna seorang hero yang sebenarnya.




KARAKTER

PROTAGONIS

Kotetsu T. Kaburagi (鏑木・T・虎徹) / Wild Tiger (ワイルドタイガー)
Pengisi suara :Hiroaki Hirata (Japanese), Wally Wingert (English)


Karakter utama dalam cerita ini. Mendapat julukan sebagai “Crusher for Justice” karena selalu mementingkan aksinya tanpa memperdulikan kerusakan yang ditimbulkannya. Tiger sebenarnya kurang popular dibandingkan hero lainnya di Sternbild City dan perusahaan yang menaunginya, TopMag, menjadi bangkrut karena menanggulangi kerusakan akibat ulah Tiger. Kemudian atas saran bosnya, dia pun pindah ke perusahaan barunya, Apollon Media, sebagai partner Barnaby.

Kotetsu T. Kaburagi / Wild Tiger


Seragam dari Apollon Media disertakan logo S.H Figuart Bandai dan perusahaan telekomunikasi SoftBank. Tiger memiliki sepeda motor bernama “Lonely Chaser” yang bisa dikombinasikan dengan sepeda Barnaby sebagai sidecar. Seragam Tiger juga tersedia sepasang wire guns yang disebut sebagai “Wild Shot”. Terinspirasi dari seorang hero Mr.Legend, yang membantunya menerima kekuatannya, Kotetsu memiliki idealis tentang keadilan, selalu mengandalkan instingnya, mementingkan nyawa daripada rating dan memprioritaskan pekerjaan hero sebagai penyelamat warga.

Istrinya, Tomoe telah meninggal karena terserang penyakit lima tahun yang lalu dan anak perempuannya, Kaede, tinggal bersama neneknya (ibu Kotetsu) di “Oriental Town”. Seperti halnya orang-orang di luar Hero TV, Kaede tidak mengetahui identitas rahasia ayahnya.



Barnaby Brooks Jr. (バーナビー・ブルックスJr.)
Pengisi suara : Masakazu Morita (Japanese), Yuri Lowenthal (English)

Karakter utama ke-2, dikenal sebagai “Super Rookie” yang disebut “Bunny” oleh Kotetsu karena bentuk telinga armornya dan kemampuannya dalam melompat jauh dan menendang. Barnaby adalah hero pendatang baru yang berusia 25 tahun. Memiliki kekuatan yang setara dengan Wild Tiger, namun lebih mengutamakan strategi daripada aksi yang brutal. Seragam tempurnya tertera logo Amazon.co.jp sebagaimana Bandai dan "Crusade System" Card Series-nya.

Barnaby Brooks Jr.


Ketika berusia 4 tahun, orang tuanya, seorang ahli mesin dan penemu “anano-metal”, dibunuh oleh seseorang yang kemungkinan adalah Jake Martize, anggota sindikat criminal “Ouroboros”. Barnaby diadopsi oleh Albert Maverick dan mendedikasikan hidupnya untuk mencari tahu tentang Ouroboros dan hubungannya dengan kematian orang tuanya. Trauma karena melihat pembunuhan orang tuanya membuat jiwa Barnaby menjadi keras dan dipenuhi dendam, sehingga membuatnya sulit mempercayai orang lain, sampai akhirnya dia berpartner dengan Kotetsu.


Karina Lyle (カリーナ・ライル)/ Blue Rose (ブルーローズ)
Pengisi suara: Minako Kotobuki (Japanese), Kari Wahlgren (English)

Sebutannya adalah “Super Celebrity of the Heroes”. Blue Rose adalah seorang seorang pelajar SMA dengan kekuatan es yang tinggal bersama orang tuanya. Dia menjadikan aksi hero sebagai pijakan untuk merintis karirnya sebagai penyanyi. Selain sebagai hero, dia juga bekerja sebagai pianis di sebuah bar. Perusahaan sponsornya adalah Titan Industry. Kostum tempurnya, yang tidak disukai ayahnya (karena terlalu terbuka), tertera logo Pepsi NEX, Pepsi non-kalori yang dikembangkan oleh Suntory dan tersedia di Jepang. Blue Rose selalu berkata "my ice is a little bit cold, but your crime has been put completely on hold!" setiap awal kemunculannya. Karena memiliki kebiasaan kabur dari pertempuran ketika merasa kondisinya menyulitkan dirinya, Hero TV menjulukinya “Cutie Escape”.

Karina Lyle / Blue Rose


Meski menyatakan dirinya tidak menyukai Kotetsu, Karina menyimpan perasaan kepadanya, yang membuatnya merasakan konflik internal karena perbedaan usia mereka. 



Keith Goodman (キース・グッドマン) / Sky High (スカイハイ)
Pengisi suara: Go Inoue (Japanese), Patrick Steinz (English)

Keith Goodman / Sky High

Dikenal sebagai “Wind Wizard”, Sky High adalah seorang hero yang baik dan bersahabat, sehingga menjadi hero paling populer di kota. Berulang kali medapat gelar “King of Heroes” dari awal serial ini. Dia seorang yang optimis dan suka mengatakan kalimat-kalimat seperti "Thank you, and again, thank you!" (ありがとう、そして、ありがとう! Arigato, soshite, arigato!) kepada para fans-nya. Sky High terbang dengan sokongan rocket backpack dan kekuatan alaminya untuk mengontrol udara dan angin. Seragam tempurnya tertera logo Tamashii Nations, anak perusahaan Bandai dan streaming website Ustream.tv. Parusahaan yang mensponsorinya adalah Poseidon Line.



Nathan Seymour (ネイサン・シーモア)/ Fire Emblem (ファイヤーエンブレム)
Pengisi suara : Kenjiro Tsuda (Japanese), John Eric Bentley (English)

Nathan Seymour / Fire Emblem

Seorang hero banci dengan kemampuan mengendalikan api yang dikenal sebagai "Bourgeois Open Flame Broil". Fire ahli dalam mengendarai mobil dengan berbagai manuver canggih. Kemampuannya dalam mengendalikan kekuatan apinya sangat tinggi. Selain sebagai hero, dia juga seorang pemilik perusahaan sponsor Helios Energy. Kostumnya terdapat logo FMV Fujitsu dan Animate.


Huang Pao-Lin (ホァン・パオリン) / Dragon Kid (ドラゴンキッド)
Pengisi suara: Mariya Ise (Japanese), Laura Bailey (English)

Huang Pao-Lin / Dragon Kid

Seorang remaja tomboy dari China, dikenal dengan sebutan “Lightning Bolt Kung-fu Master”. Orang tua Pao-Lin tidak menemaninya ke Sternbild City dan tetap tinggal di China. Dia tidak suka hiasan rambutnya yang terlalu girly, tetapi sejak tahu mengenai makna simbol bunga ungu itu “selalu memikirkanmu”, membuatnya terbiasa mengenakannya. Seragam tempurnya tertera logo makanan Jepang Calbee dan website Jepang DMM.com. Perusahaan sponsornya adalah Odysseus Communication.


Antonio Lopez (アントニオ・ロペス) / Rock Bison (ロックバイソン)

Pengisi suara: Taiten Kusunoki (Japanese), Travis Willingham (English)


Antonio Lopez / Rock Bison

Seorang hero dengan armor besar berwarna hijau yang disebut sebagai “Bull Tank of the West Coast” dan teman baik Kotetsu semasa SMA. Setelah mendapat ranking terakhir dalam Hero TV setelah Origami Cyclone, dia terancam kehilangan pekerjaan sebagai hero sampai akhirnya berhasil menangkap seorang pencuri. Seragam tempurnya dilengkapi dengan bor besar di bahunya dan tertera logo restoran barbeque Jepang Gya-Kaku. Perusahaan sponsornya adalah Kronos Foods.

 
Ivan Karelin (イワン・カレリン) / Origami Cyclone (折紙サイクロン)
Pengisi suara: Nobuhiko Okamoto (Japanese), Michale Sinterniklass (English)


Ivan Karelin / Origami Cyclone

Seorang hero muda yang disebut “Hidden Hero”, mengenakan kostum ala ninja dan samurai dan beraksi layaknya seorang pemain kabuki. Ivan jarang sekali beraksi melawan kejahatan dan lebih mementingkan mengiklankan sponsornya, dengan muncul pada background foto. Ivan hanya melakukan apa yang dia mau karena merasa kekuatannya tidak berguna. Perusahaan sponsornya adalah Helperidese Finance dan kostumnya tertera logo anime website ANIME dan berhasil menggaet iklan lain yaitu internet service provider Livedoor Namco’s NAM-Chara Cheer Squad, dan klinik kecantikan Katsuya Takasu.



ANTAGONIS 


Yuri Petrov (ユーリ・ペトロフ) / Lunatic (ルナティック)
Pengisi suara: Koji Yusa (Japanese), Liam O’Brien (English)

Yuri Petrov / Lunatic


Jake Martinez (ジェイク・マルチネス)
Pengisi suara: Keiji Fujiwara (Japanese), Steven Blum (English)

Jake Martinez


Kriem (クリーム)
Pengisi suara: Michiko Neya (Japanese), Stephanie Sheh (English)


Kriem

 
Hans Chuckman (ハンス・チャックマン)
Pengisi suara: Kenta Miyake

Hans Chuckman




KARAKTER PENDUKUNG

Ben Jackson (ベン・ジャクソン)
Pengisi suara: Katsuhisa Houki (Japanese), Beau Billingslea (English)

Agnes Joubert (アニエス・ジュベール)
Pengisi suara: Yuhko Kaida (Japanese), Tara Platt (English)

Alexander Lloyds (アレキサンダー・ロイス)
Pengisi suara: Wataru Yokojima (Japanese), Daran Norris (English)

Doc Saito (斉藤さん)
Pengisi suara: Hiroshi Iwasaki (Japanese), Dave Wittenberg (English)

Kaede Kaburagi (鏑木 )
Pengisi suara: Rina Hidaka (Japanese), Eden Riegel (English)

Samantha Taylor (サマンサ・テイラー)
Pengisi suara: Yoshiko Takemura

Mr. Legend (ミスター・レジェンド)
Pengisi suara: Jurota Kosugi


"Meski dari segi kualitas tidak sebagus KARAS, Tiger & Bunny bisa disebut sebagai paket lengkap, karena menggabungkan unsur action, mecha, drama dan humor menjadi satu. Sunrise yang terkenal dengan keahliannya menggarap genre mecha, sukses menggabungkan 2D dan 3D shading pada karakter hero dan armor tempurnya. Ide cerita cukup orisinil dengan karakter yang memiliki keunikan masing-masing."

DOWNLOAD anime Tiger & Bunny episode 1-25 end, versi DVD Rip-nya di SINI
 


SUMBER:

Tiger & Bunny official website
Tiger & Bunny wikia
Air Jack!
MBS website
Hulu’s Streaming site
Anime News Network

3 comments:

Lulu Niha said...

Tahun lalu editorku brcerita mengenai anime baru buatan Sunrise ini. Beliau bilang ceritanya ttg superhero yang ikut gulat...pakai mecha & ceritanya lucu. Karena penasaran, aku mencarinya. Ternyata bukan gulat, tetapi reality show...hahaha
Sungguh menarik :D

ninu milia said...

ya ampun... onok bancine.. mbok yo nek dadi banci kuw seng ayu, mas..

gmbarny bgus!
kyakx mnrik

Lulu Niha said...

Ada link downloadnya itu...
recomended pkoke (**)d