December 20, 2011

Tokyo Jihen



Tokyo Jihen atau Tokyo Insiden (东京) adalah band Jepang yang dibentuk oleh Shiina Ringo (椎名林檎), setelah meninggalkan karir solonya. Debut pertama mereka adalah single Gunjo Biyori yang dirilis pada bulan September 2004.




Asal

Tokyo Jihen dibentuk oleh Shiina Ringo sebagai backing band untuk tur konser terakhirnya sebelum mengakhiri karir solonya. Shiina sedang memikirkan untuk membentuk band saat itu.. Dia mulai mencari anggota-anggota backing band untuk mendukung tur solonya "Ecstasy Sugoroku" di musim gugur tahun 2003. Band tur diperkenalkan sebagai Tokyo Jihen selama tur untuk pertama kalinya, yang menampilkan gitaris Hirama, pianis HZM, drummer Hata, dan bassis Kameda. Para musisi inilah yang ia pilih menjadi anggota inti Tokyo Jihen.

Setelah tur, ia mengumumkan bahwa ia akan menghentikan karir solo untuk bergabung dengan "Tokyo Jihen" sebagai anggota tetap.

Shiina Ringo

Tahap 1


Pada tanggal 31 Mei 2004, anggota Tokyo Jihen menyatakan bahwa mereka bekerja sebagai band permanen. Pada tanggal 24 Juli, mereka muncul di hadapan penggemar di acara live 0724 Yamabikari untuk pertama kalinya. Mereka memainkan beberapa live set selama tahun itu di Fuji Rock Festival, dan membuat debut major mereka dengan single "Gunjou Biyori" pada 8 September. Tokyo Jihen merilis satu album dan dua single, dan mengadakan konser tur pertama mereka - Tokyo Jihen live tour 2005 -. "dynamite!".



Pada tanggal 1 Juli 2005, diumumkan selama tur, kibordis H ZETT M dan gitaris Mikio Hirama akan meninggalkan Tokyo Jihen. HZM kembali ke tugasnya sebagai pianis untuk PE'Z, dan Hirama kembali menjadi artis solo. Diputuskan bahwa mereka akan menarik diri dari band sebelum mulai tur "dynamite!"


Tahap 2


Setelah kepergian mantan gitaris dan kibordis, Shiina mulai mencari anggota baru. Dia harus memiliki setidaknya pemain keyboard yang bergabung karena dua orang meninggalkan band pada waktu yang sama. HZM merekomendasikan teman dan mantan bandmate, Keitaro Izawa, sebagai pengganti, tapi Shiina justru mulai mengunjungi klub musik untuk mencari keyboardists lainnya. Pada akhirnya ia tidak menemukan orang yang lebih baik daripada Izawa, dan Shiina memutuskan untuk mengundang dia untuk bergabung. Ia disebut Ichiyo Izawa sekarang. 



Di sisi lain, mencari gitaris jauh lebih sulit. Shiina mengundang beberapa gitaris, namun ditolak oleh semuanya karena mereka mungkin tidak menyukai dirinya dianggap "backing band".Yang terburuk, dia berencana untuk memilih gitaris yang berbeda setiap kali manggung. Namun, ketika salah satu gitaris mendengarkan 1 album "Kyoiku" secara kebetulan, ia berubah pikiran. Gitaris itu adalah Ryosuke Nagaoka. Ia sekarang disebut Ukigumo. Shiina dan Ukigumo sudah berteman sejak hari-harinya sebagai solois. Akhirnya ia diterima sebelum rekaman untuk "Adult" dimulai.



Pada bulan September 2005, keyboardist Izawa dan gitaris Ukigumo resmi bergabung Tokyo Jihen. Setelah ini, lineup termasuk mantan anggota kemudian disebut Dai-Ikki (第一 Tahap 1) dengan yang sekarang disebut sebagai Dai-Niki (第二 Tahap).

2006-Sekarang

Album kedua "Adult" dirilis pada 25 Januari 2006 berhasil meraih juara 1 di Oricon chart untuk pertama kalinya sebagai. Mereka mengadakan dua proyek - "DOMESTIC!" Virgin LINE - di mana anggota baru muncul untuk pertama kalinya di Nippon Budokan Aula dan Osaka-Jo Hall pada bulan Februari, dan ikut dalam konser tur - "DOMESTIC!" Just can't help it- selama sekitar dua bulan dari bulan April.


Dalam paruh kedua tahun 2006, Shiina menciptakan film score dari film "Sakuran", dan anggota band lainnya (kecuali Hata yang patah kakinya) membantu pekerjaannya. 

Pada tahun 2007, mereka merilis dua single dan album ketiga (yang Shiina tidak menyusun sama sekali untuk pertama kalinya), yaitu OSCA & KIller Tune dan sebuah album bertajuk Variety. Mereka menggelar konser tur -Tokyo Jihen live tour 2007 Spa & Treatment-, yang menampilkan album ini. 



Pada tanggal 15 Maret 2008, video musik dari "Killer Tune" dipilih sebagai "Technical Works Best Video” dari Space Shower Music Awards 08  oleh Space Shower TV yang merupakan saluran pra-bayar, yang mengkhususkan diri dalam dunia musik Jepang. 



Aktivitas Lain Para Anggota

Pada tahun 2008, Shiina melanjutkan karir solo untuk pertama kalinya sejak bergabung dengan Tokyo Jihen karena ulang tahun ke sepuluh dari debutnya sebagai "Shena Ringo". Oleh karena itu, dia berpartisipasi dalam Raising Sun Rock Festival yang diselenggarakan di musim panas, baik sebagai penyanyi solo maupun dengan band. Akibatnya, aktivitas Tokyo Jihen dibatasi selama periode ini.

 

Pada tahun 2009, Shiina melanjutkan aktivitas solo dari tahun sebelumnya, dan ia merilis album solo baru setelah lama absen pada bulan Juni. Oleh karena itu, anggota lain dari Tokyo Jihen masing-masing juga terlibat dalam kegiatan lain pada semester pertama 2009. Ukigumo dan Izawa bekerja di band masing-masing. Kameda dan Hata juga melakukan beberapa pekerjaan sampingan. Kameda membantu banyak band dan penyanyi dalam pembuatan album & single sebagai grafik produser, dan Hata berpartisipasi dalam rekaman album konser Fujifabric. Shiina, Ukigumo, dan Izawa berpartisipasi dalam produksi album Rie Tomosaka. Ukigumo dan Izawa tampil dalam promo album sebagai backing band.




Pada tanggal 25 Mei 2009, diumumkan bahwa Izawa bergabung  dengan band "The Hiatus" bentukan Takeshi Hosomi (ex- Ellegarden). Dia bergabung dalam We Love Garbage Tour 2009 mereka. Izawa juga mengadakan beberapa konser dengan Hosomi sebagai "Hosomi Ichiyo" (细美一) dari Oktober sampai Desember. 

Pada tanggal 2 Desember 2009, Tokyo Jihen merilis single "Sanpunkan Nōdōteki" setelah vakum selama 2 tahun. 

Pada tanggal 30 Desember 2009, Tokyo Jihen muncul di Countdown Japan 09/10.


2010-2012

Album ke empat Sports rilis pada 24 Februari 2010 & mendapat urutan pertama pada Oricon Charts. Konser tur  "Tokyo Incident live tour 2010 UltraC" dimulai pada bulan Maret.



Album ke-5 Dai Hakken rilis 29 Juni 2011 dan konser turnya "Tokyo Incident live tour 2011 Discovery" dimulai pada bulan September.

Pada Januari 2012, Shiina Ringo mengumumkan pembubaran mereka pada web site mereka. Untuk terakhir kalinya, mereka merilis mini album berjudul Color Bars yang dirilis pada 18 Januari 2012. Best album live, Tokyo Collection dan DVD konser blue-ray dirilis ketika tur dan dijual pada 15 Februari. Konser terakhir Tokyo Jihen, berjudul Domestique Bon Voyage, berlokasi di Yokohama Arena (February 14-15), Osaka-jo Hall (February 21-22), dan Nippon Budokan Tokyo (February 28-29). Band ini resmi bubar pada 29 Februari 2012, setelah menghabiskan konser akhir mereka di Budokan.



DISKOGRAFI
Album

KYOIKU
rilis : 25 November 2004
label : Toshiba EMI
format : CD, digital download

Tracklist :
1. Ringo no Uta
2. Gunjo Biyori
3. Jusui Negai
4.Sounan
5. Crawl
6. Genjitsu ni Oite
7. Genjitsu O Warau
8. Service
9. Ekimae
10. Omatsuri Sawagi
11. Bokoku Jocho
12. Yume no Ato


ADULT
rilis : 26 Januari 2006
label : Toshiba EMI
format : CD, digital download

Tracklist :
1. Himitsu
2. Kenka Joutou
3. Kensha Naoshi
4. Superstar
5. Shuraba
6. Yukiguni
7. Kabuki
8. Blackout
9. Tasogare Naki
10.Toumei Ningen
11. Tegami


VARIETY
rilis : 26 September 2007
label : EMI Music Japan
format : CD, digital download

Tracklist :
1. Ranpu
2. Miraa Boruu
3. Kingyo no Hako
4. Shiseikatsu
5. OSCA
6. Kuroneko-dou
7. Fukushuu
8. Bou Toumin
9. SSAW
10. Tukigime Hime
11. Kiraa Chuun
12. Sake to Geko
13. Metoro


SPORTS
rilis : 24 Februari 2010
label : EMI Music Japan
format : CD, digital download

Tracklist :
1. Ikiru
2. Denpa Tsushin
3. Season Sayonara
4. Kachiikusa
5. F.O.U.L
6. Utenkekko
7. Nodoteki Shanpunkan
8. Zettai Zetsume
9. F.A.I.R
10. Noriki
11. Sweet Spot
12. Senko Shojo
13. Kimaru


DAI HAKKEN
rilis : 29 Juni 2011
label : EMI Music Japan
format : CD, digital download

Tracklist :
1. Tengoku e Yokoso (untuk disc)
2. Zettai-chi Tai Sotai-chi
3. Atarashi bunmeikaika
4. Denki no Nai Toshi
5. Kaiteini Suku Otoko
6. Dopaminto!
7. Osorubeki Otona-tachi
8. Kinji Rareta Asobi
9. 21 Seiki Uchuu no ko
10. Katsute wa Otoko to Onna
11. Sora ga Natte iru
12. Kaze ni Ayakatte ite
13. On'na noko wa Dare demo
14. Tengoku e Yokoso (untuk Tube)


TOKYO COLLECTION 
rilis : 15 Februari 2012
label : EMI Music Japan
format : CD, digital download



Referensi:
Tokyohive.com
Wikipedia
Tokyo Jihen's official site 



No comments: