June 22, 2011

Studio Ghibli

Studio Ghibli (スタジオジブリ) adalah sebuah studio animasi Jepang. Film-film animenya mengandung unsur-unsur provokatif, imajinatif, emosional dan telah mendapatkan pujian yang luas dari seluruh dunia.

Namanya berasal dari nama panggilan yang digunakan orang-orang Italia untuk menyebut pesawat-pesawat pengincar Sahara mereka pada masa Perang Dunia II; nama yang mengandung arti angin panas yang bertiup menyusuri Gurun Sahara (sirocco). Meskipun istilah tersebut berasal dari bahasa Italia, dalam  bahasa Jepang nama studio itu dilafalkan 'ji-bri' atau 'ji-bu-ri'. Teori di balik nama tersebut adalah bahwa studio tersebut sedang meniupkan angin yang baru terhadap industri anime.

Isao Takahata ; Hayao Miyazaki
 
Didirikan pada tahun 1985, Ghibli dipimpin sutradara ternama Hayao Miyazaki (宮崎 駿 Miyazaki Hayao) bersama dengan rekannya yang juga pembimbingnya, Isao Takahata (高畑 Takahata Isao). Asal mula Studio Ghibli dapat dibilang berawal pada tahun 1983, dengan film Nausicaa of the Valley of the Wind (風の谷のナウシカ Kaze no tani no Naushika, 1984), yang mulanya merupakan manga bersambung yang diterbitkan majalah manga terbitan Tokuma Shoten (徳間書店). Tokuma adalah perusahaan induk Studio Ghibli, dan telah memberikan pada Disney hak-hak video untuk delapan filmnya serta hak distribusi dunia untuk Princess Mononoke (もののけ姫 Mononoke Hime, 1997) dan Spirited Away (千と千尋の神隠し Sen to Chihiro no Kamikakushi, 2001). Film terbaru Miyazaki, Howl's Moving Castle, (ハウルの動く城 Hauru no ugoku shiro, 2004) sebenarnya merupakan adaptasi sebuah buku karya penulis Britania, Diana Wynne Jones, yang diterbitkan di beberapa negara termasuk Amerika Serikat dan Kanada. Komponis Joe Hisaishi telah menyediakan soundtrack bagi beberapa film Ghibli.

Nausicaa; of the Valley of the Wind 
(Kaze no Tani no Nausicaa)



Princess Mononoke

Spirited Away  
(Sen to Chihiro no Kamikakushi)

Howl's Moving Castle  
(Haoru no Ugoku Shiro)


Film Ghibli yang bukan merupakan hasil arahan Miyazaki yang paling terkenal dan dipuji adalah Grave og the Fireflies (火垂るの墓 Hotaru no Haka, 1988), yang disutradarai Isao Takahata, sebuah film sedih yang terfokus pada kehidupan dua anak yatim piatu pada zaman pasca-Pasca Perang Dunia II di Jepang.

Grave of the Fireflise 
(Hotaru no Haka)  
animation and live action

Film-film produksi Ghibli

Castle in the Sky (1986)

Grave of the Fireflies (1988)

My Neighbour Totoro  
(Tonari no Totoro)

Kiki's Delivery Servise (1989)

Only Yesterday (1991)

Porco Rosso (1992) 
animation & live action

Ocean Waves (1993)


Pompoko (1994)


Whisper of the Heart (1995)
On Your Mark (1995) 
(video klip)



Princess Mononoke (1997)

My Neighbors the Yamadas (1999)

Shiki-jitsu 
(live action) (2000)

Spirited Away 
(Sen to Chihiro no Kamikakushi) (2001)


The Cat Return (2002) 
(Sekuel dari Whisper of the Heart)


Ghost in the Shell; Innocence (2004) 
(diproduksi bersama dengan Production I.G)


Ghiblies Episode 2 (2002) 
(ditayangkan pada saat yang bersamaan dengan The Cat Returns)


Howl's Moving Castle (2004)


Tales from Earthsea (2006)


Ponyo on the Cliff by the Sea (2008)


Isao Takahata mengadaptasikan film Michael Ocelot Kirikou et la Sociere ke dalam bahasa Jepang, dan film tersebut disalurkan di Jepang oleh Studio Ghibli. Selain itu, Ghibli juga memroduksi film pendek Takahata pada tahun 2004 berjudul Winter Days.

(Catatan: Nausicaa of the Valley of the Wind (1984) sering dicatat sebagai film produksi Ghibli, namun sebenarnya dibuat sebelum studio tersebut didirikan.)

3 comments:

metalu said...

"Grave of Fireflies" ceritanya bagus, sayang aku nonton dari cd kompresan, jadi gambarnya pecah...

Paling suka Howl's Moving Castle (kalau ceritanya rada wagu :P)

Paling puas nonton "Princess Mononoke"...~(*3*)~

STEPHANI THALIA said...

Film favorit saya Grave of the Fireflies, film terbaik menurut saya.. Saya beli CD aslinya. Filmnya begitu menginspirasi saya. Saya menghabiskan 1 kotak tissue untuk 1 kali nonton.

Yang ke-2 Spirited Away... Filmnya agak aneh tapi cukup menarik.

Lulu Niha said...

@STEPHANI : Iya Grave of Fireflies menyentuh bgt...:)

Film GHIBLI emang rata2 aneh, tapi menurutku justru itu daya jualnya. hehhehe