June 25, 2011

Mind Game

Mind Game (マインドゲーム ) adalah film animasi Jepang berdasarkan komik buatan Robin Nishi. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Masaki Yuasa dan penggarapan animasinya oleh Studio 4oC

Seperti biasa, Masaaki menawarkan gaya visual yang “berbeda” dalam bercerita. Ia sempat berkomentar dalam Japan Times bahwa, "Menurut saya, penggemar animasi Jepang saat ini tidak selalu menuntut sesuatu yang halus. Anda dapat melempar gaya yang berbeda pada mereka dan mereka masih bisa menikmatinya.”
 
Sempat terjadi krisis keuangan yang menyebabkan gagal rilis di Jepang, film ini menerima penonton kultus dan diterima dengan baik serta memenangkan beberapa penghargaan di seluruh dunia, dan telah dipuji oleh sutradara Satoshi Kon dan Bill Plympton.



Story

Berawal dari sang protagonis, Nishi, cowok pecundang yang bercita-cita menjadi seorang komikus. Dia masih naksir teman masa kecilnya, Myon, tapi kurangnya kepercayaan diri membuatnya berhenti untuk serius mengejarnya. Mereka terpisah selama bertahun-tahun. Saat ini Myon juga belum dapat mencapai cita-citanya sebagai perenang, tapi akhirnya dia menyerah ketika payudaranya menjadi terlalu besar. 


Suatu hari, mereka bertemu di Stasiun bawah tanah ketika sedang melarikan diri. Mereka pergi ke restoran yakitori orang tua Myon, untuk bertemu ayah Myon dan kakaknya, Yan (yang menjalankan restoran) dan untuk berbicara tentang masa lalu. Tiba-tiba datang tunangan Myon, Ryo, lelaki berotot yang bekerja sebagai supir truk. Mengamati interaksi Myon dan Ryo, Nishi merasa bahwa Ryo mungkin jauh lebih baik menjadi pasangan Myon daripada dirinya.


Dua yakuza kemudian memasuki restoran untuk menagih hutang ayah Myon kepada mereka. Dia memiliki hutang dengan yakuza dan meninggalkan keluarganya berurusan dengan masalah-masalah yang ia ciptakan, menghabiskan waktunya jauh dari rumah untuk bersenang-senang dengan perempuan muda dan berjudi. Terlepas dari semua itu, ia tidak berani untuk mengungkapkan dirinya sendiri ketika situasi memburuk. Salah satu yakuza adalah (Atsu=adik/ junior) pemain sepak bola arogan tim nasional sepak bola Jepang yang memiliki masalah dalam mengendalikan emosi. Satunya lagi adalah senior yakuza (aniki) yang namanya tidak terungkap sampai akhir. 

Nishi & Myon

 
Atsu membeberkan bahwa ayah Myon adalah orang yang menggoda dan merebut pacarnya. Dia menjadi marah dan berjalan tidak menentu, mengamuk. Sementara ayah Myon bersembunyi, Ryo mencoba meninju Atsu, namun serangan dengan mudah dihindari, dan ia dapat disingkirkan dengan mudah oleh Atsu. Ketika Ryo jatuh, ia mengungkapkan kepada Myon bahwa dia hanya memakai rambut palsu belaka. Atsu kemudian melihat Myon dan berniat untuk memperkosanya, namun Nishi menghalanginya. Atsu mendorong Nishi ke lantai, dan ketika Nishi memperingatkan dia bahwa ia akan membalas, Atsu menempatkan ujung pistolnya ke anus Nishi dan sengaja menembaknya ketika tiba-tiba Nishi bergerak.


Nishi meninggal hampir seketika, dan pergi ke surga. Yakuza senior, tersinggung oleh kekurang kontrolnya Atsu, sehingga kemudian dia membunuhnya. Sementara itu, Nishi bertemu dengan makhluk yang wujudnya terus berubah-ubah yang ternyata adalah Tuhan. Tuhan mengatakan bahwa Nishi tidak benar-benar sedang ada di akhirat dan bahwa karena ia sekarang sudah mati, jiwanya kini ditakdirkan untuk menghabiskan sisa waktunya dalam kekosongan. Nishi tidak terima Tuhan hanya memberinya kehidupan sebagai pecundang. Tuhan marah dan benar-benar memukul Nishi karena berani mengeluh kepada pencipta, bahkan saat ia mengakui bahwa ia memang membuat dia (dan dengan perluasan, semua manusia lain) hanya untuk hiburan sendiri. Nishi menolak untuk menerima bahwa waktunya selamanya akan hanya dalam kekosongan dan mencoba untuk melarikan diri kembali ke bumi. Tuhan mengejarnya dalam bentuk macan tutul yang besar, tetapi menjadi terkesan dengan semangat Nishi untuk hidup, dan membiarkan dia melarikan diri dengan peringatan bahwa kesempatan ini hanya satu kali, tak ada yang kedua.


Tuhan mengirimkan Nishi dan tubuhnya kembali tepat sebelum Atsu menarik pelatuk. Kali ini, Nishi memutuskan untuk menjalani hidup lebih berguna. Dia mengepalkan pantatnya, merebut pistol Atsu, dan mengubah tabel dengan refleks membunuh Atsu sebagai gantinya. Dia, Yan dan Myon kemudian kabur dengan mengendarai mobil yakuza itu. Mereka dikejar oleh sekawanan Yakuza di bawah pimpinan seorang pria besar, kaya, memakai beberapa cincin dan kalung emas, mengelus hewan peliharaan kecil di sebuah kantor bisnis besar. Para anak buah yakuza itu akhirnya bisa memojokkan trio Nishi ke arah jembatan. Nishi menolak untuk menyerah hidup-hidup, dan mengambil jalan untuk melompat ke laut dan tiba-tiba muncul ikan paus besar sehingga mereka tertelan.

Di dalam ikan paus, mereka bertemu dengan seorang pria tua aneh yang telah terperangkap dalam ikan paus selama beberapa dekade. Dia membawa mereka ke rumah yang telah ia bangun di atas 'laut' di dalam perut ikan paus, dan mengajarkan mereka tentang bagaimana hidup di dalam dinding, rekreasi apa yang mungkin, memperkenalkan kepada teman laut nya plesiosaurus, dll. Dia juga menceritakan sejarah hidupnya sebagai kurir narkoba, ketika masih menjadi yakuza muda, ia menyembunyikan sebuah paket obat dalam mainan anak dan disimpan bersama mainan anaknya, tetapi ketika ia mengambilnya untuk dijual, ia mengambil boneka yang salah, sehingga akhirnya menyebabkan dirinya sendiri terjun dari jembatan dan masuk ke mulut paus.



 
Selama berda di dalam perut paus, mereka mengalami pengembangan pribadi dan penempaan mental sehingga akhirnya terbiasa dengan keadaan mereka. Nishi belajar seni menulis dan menggambar manga lucu, ia dan Myon akhirnya menjalin hubungan yang intim. Myon mengasah kemampuan berenangnya dan Yan melakukan eksperimen seni, khususnya tari dan lukisan. 


Keempat orang tersesat ini pada akhirnya memutuskan untuk melarikan diri dari paus, yang perlahan akan mati setelah terluka parah oleh pemburu paus.


Sutradara : Masaaki Yuasa
Produser : Eiko Tanaka
Penulis : Robin Nishi
Staring : Imada Koji ; Sayaka Maeda ; Takashi Fujii
Musik : Fayray
Distributor : Asmik Ace Entertainment ; Mad House ; Studio 4oC
Tanggal Rilis : 28 Juli 2004
Durasi : 103 menit

No comments: