March 11, 2015

Pulau Merah (Red Island)




Plesir ke-2 yang kulakukan ketika mudik lalu. Kali ini di sebuah pantai selatan Banyuwangi yang letaknya tak jauh dari rumahku, hanya 1jam perjalanan menggunakan motor atau mobil. Pantai dengan pulau kecil bertanah merah yang dulu hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal ini menjadi sangat terkenal semenjak dibukanya tambang emas di Gunung Tumpang Pitu yang berlokasi sangat dekat. Banyak warga asing yang tinggal di sekitar wilayah tersebut, terlebih ketika Bupati menyelenggarakan kompetisi surfing internasional pada bulan Mei-Juni.







Garis pantai Pulau Merah yang wilayahnya dikelilingi oleh pegunungan sangatlah indah. Selain bulan Mei-Juni, ombak yang tak besar cukup aman untuk bermain. Namun siang hari semakin besar dan bisa digunakan untuk surfing.








Di sepanjang pantai, banyak disewakan kursi berpayung untuk wisatawan bersantai menikmati pemandangan dan cahaya matahari. Sistem menyewa per jam (60rb).




Di sebelah timur, beberapa perahu nelayan bersandar di pantai. Kawasan Pulau Merah ini memang dihuni oleh banyak nelayan. Semenjak dikembangkan menjadi wisata surfing untuk warga manca negara, rumah-rumah para nelayan di sekitar dikembangkan menjadi homestay. Jadi tidak perlu repot untuk wisatawan luar daerah yang ingin menginap di sini..^^


No comments: