September 10, 2013

Jack Frost (Rise of Guardian) cosplay tutorial




Tips hemat membuat properti cosplay Jack Frost (Rise of Guardian)!


HOODIE

Jack Frost hoodie (handmade)



Step 1 
Beli hoodie polos bekas di toko ex-import (Harga sekitar Rp 30.000 – Rp 40.000). Kalau warnanya sudah pas, selanjutnya tinggal kasih motif. 

Step 2 
Berhubung warna hoodie-nya biru langit, perlu dituakan warnanya. Kasih pewarna pakaian atau wenter. Berdasarkan pengalamanku, wenter bisa merusak panci yang digunakan untuk merebus pakaian yang diwarnai. Jadi kalau ada tukang NAPTOL, mending serahkan saja pewarnaan ini pada mereka (2-3hari jadi). Tarif naptol sekitar Rp 10.000 – Rp 12.000.


Hoodie sebelum dan sesudah dinaptol


Step 3 
Buat motif percikan es dengan cat akrilik (harga satuan Rp 27.000), yang memiliki sifat mirip dengan rubber untuk sablon. Cukup diberi sedikit air untuk pelarut.


Cat akrilik
(merek: Maries)


Tak perlu kuas untuk menggambar motif, karena efek percikan akan lebih bagus jika digambar dengan potongan kawat atau lidi.



Potongan kawat untuk membuat motif Hoodie



TONGKAT




Step 1 
Cari dasaran tongkat berbentuk lurus. Bisa bambu, batang pohon..dll. Kalau mentok nggak ada, beli tongkat pramuka yang terbuat dari kayu atau rotan (harga sekitar Rp 3.000). 

Step 2 
Buat bagian lengkung dengan kawat. Beli 2 macam kawat, 1 besar (untuk rangka) dan 1 kecil (untuk memperkuat rangka sekaligus menyambungkan dengan tongkat dasaran). Kawar besar butuh sekitar 3m, sedangkan kawat kecil 5m. (maaf,lupa harganya :P)


2 macam kawat yang diperlukan



 Buat rangka sesuai keinginan. Sambungkan rangka menggunakan kawat kecil, terus lilit-lilitkan hingga ukurannya mendekati ukuran yang diinginkan.


Rangka dari kawat


Rangka kawat disambungkan pada tongkat pramuka



Step 3 
Lapisi kerangka tongkat dengan kertas semen atau kertas samson (harga per lembar Rp 1.300, butuh 2 lembar saja). Gunting kertas kecil memanjang, supaya mudah dililitkan. Buat lapisan hingga ukuran tongkat sesuai. Tak perlu rapi, karena kertas yang berantakan justru menimbulkan efek yang mirip dengan tekstur kayu.


Kertas Samson
 

Step 4 
Warnai tongkat dengan cat besi (harga sekitar Rp 4.000) coklat tua. Meski keringnya lama, cat besi bisa memunculkan efek mengkilap yang bagus ketika difoto.


Cat Besi



Properti ini telah kupakai untuk sesi foto cosplay Jack Frost berikut:



14 comments:

Lulu Niha said...

Semoga bermanfaat..!!!^^

Anonymous said...

Itu cat akrilik untuk motif hoodie g luntur kah saat dicuci??

Lulu Niha said...

Nggak luntur kok...soalnya karakteristik akrilik mirip rubber buat sablon :D

Anonymous said...

Gan, kalau cat acrylic nya di kasih air dulu atau kaga ?,, :D ,,

Lulu Niha said...

dikasih air..tpi dikit aja, kentel...biar nggak trlalu ngresep k pori2 baju :)

Anonymous said...

Kalau cair emang nya kenapa ?,,
itu yakin kan gak luncur saat di cuci ?,,

Lulu Niha said...

Kalau kebanyakan air ya terlalu ngresep lah...jadi harus ngoles berulang-ulang biar kelihatan.

Sampek sekarang jaketnya masih sama kayak gitu..yg agak luntur cuma warna dr naptolnya

Anonymous said...

tutorial celananya ada ga? oh..dan beli wig dimana?

Metalu (Kyo Yuzuki) said...

Celananya biasa aja kok...tinggal dkasih lilitan kain kayak perban :)
Kalo wig, sekarang dah banyak yg jual... Punyaku ini beli di Coshappyon (Jkt). Wignya ready stock, impor dari Korea

Metalu (Kyo Yuzuki) said...
This comment has been removed by the author.
ridla nor hadi said...

Gan cara ngewarnainya gimana sih ? . Terus beli catnya dimana ?

Metalu (Kyo Yuzuki) said...

@ridla: silahkan dibaca dg seksama. Itu nggoresnya pakai kawat, catnya akrilik...beli di toko alat lukis atau toko2 buku biasanya ada gan :)

Anonymous said...

Kak itu bisa naptol biru tua gitu dimana ya? Aku ke tempat naptol bisanya item doang :(

Metalu (Kyo Yuzuki) said...

Kalau di Jogja tempat naptol banyak..warna yg tersedia hitam, coklat, sma biru tua^^