February 7, 2013

KUROSHITSUJI cosplay -fix-


Proyek cosplay ke-2ku. Proyek ini sebelumnya telah kukerjakan, namun karena hasilnya jauh dari memuskan, aku berniat untuk mengulangnya. Pada liburan semester ini, akhirnya niat tersebut bisa terlaksana.

Sama halnya dengan trial project sebelumnya, cosplay bertema anime/manga Kuroshitsuji ini kukerjakan bersama saudaraku. Aku memerankan Ciel Phantomhive, kakakku memerankan Elizabeth Middleford dan adikku memerankan Sebastian Michaelis. Pemotretan yang ke-2 ini masih banyak kekurangan, tapi aku cukup puas dengan hasilnya.



Sebelum hari pemotretan, ada beberapa kendala yang membuatku tidak yakin proyek ini akan selesai. Pertama, pewarna rambut semprot untuk Lizy sangat sulit didapat. Karena sebelum pulang ke rumah aku tidak bisa memperolehnya di Yogyakarta, aku agak putus asa mencari di Banyuwangi. Untungnya akhirnya aku bisa mendapatkannya di toko bahan-bahan salon di Genteng. Kendala ke-2 adalah lokasi. Karena aku berencana melakukan pemotretan di luar ruangan juga, sebelumnya kucari tempat yang terkesan sejuk dan bersih. Target awal adalah pemakaman warga tionghoa yang berada tak jauh dari rumah, sayangnya rumput-rumput di sana sedang kering dan tidak ada tempat cukup lapang untuk bergaya :P. Untung saja tiba-tiba muncul ide untuk berfoto di rumah saudara yang memiliki taman cukup bagus di halamannya. Setelah mendapat izin, masalahpun terselesaikan.


Aku sebagai CIEL PHATOMHIVE

Ada beberapa aksesoris yang kutambahkan pada masing-masing karakter. Untuk Ciel, penambahannya adalah topi hitam, bros bunga di dada, rantai dan cincin. Karena budget terbatas, kami bertiga tidak memakai soft lens :P

Make-up : foundation, bedak, pensil alis, eye liner.
Editing : crop, level, match color, penegasan bayangan dan cahaya pada muka.
 
Foto 1. Medium shot
 
Fotografer : Adikku



Foto Ciel yang paling kusukai karena cahaya sampingnya yang pas. Angle ini kusarankan langsung ketika pertama kali adikku hendak memotretku. Karena dia masih amatir, untuk foto-foto selanjutnya dia harus bersusah-payah mendapatkan angle yang pas dengan berpindah-pindah posisi dan berulang keli jepretan.


Foto 2. Escape!
Fotografer : Adikku


Foto ini diambil di halaman depan rumah adik ibuku (Pak Lik & Bu Lik). Karena jendela kamar adik sepupuku yang salah satunya terbuka, tiba-tiba saja tercetus ide untuk membuatnya.



Secara konsep, escape yang berarti melarikan diri melambangkan keinginan Ciel yang ingin terbebas dari berbagai belenggu..ahak! Padahal lebih cocok dibilang kayak maling :P



Foto 3. My Tasty Wine
Fotografer : Adikku





Meminum wine adalah salah satu pose andalan Ciel yang sering dipakai para cosplayer. Karena alasan tersebut, akupun berfoto demikian…haha



Foto 4. Close-up
Fotografer : Adikku




Foto close-up Ciel yang dipotret oleh adikku hanya dua. Diantara keduanya, foto ini yang menurutku lebih bagus, meski sebenarnya over exposure alias terlalu silau :D.


Kakakku sebagai ELIZABETH MIDDLEFORD
 

Dalam trial project sebelumnya, aku melakukan banyak editing pada foto Lizy terutama rambutnya, karena rambut kakakku yang aslinya coklat tua tidak diwarnai pirang. Kali ini aku telah mewarnai rambut kakakku dengan cat rambut semprot (tidak permanen) berwarna emas. Cat semprot bermerk Kenny yang kubeli hanya satu kaleng, karena penjualnya mengatakan bahwa 1 kaleng cukup untuk rambut sepanjang rambut kakakku. Aku yang tidak mau buang-buang uang, menurutinya. Ternyata belum sampai satu kuncir Lizy selesai, catnya sudah habis. Karena tidak mungkin membeli lagi, akhirnya sisa rambut yang belum terwarna kuedit dengan brushing di photoshop.

Make-up : foundation, bedak, pensil alis, eye liner, eye shadow warna coklat, lipstick warna pink muda.
Editing : crop, level, match color, penegasan bayangan dan cahaya pada muka, brush kuning pada rambut.


Foto 1. Bersama Blacky
Fotografer : Aku




Kucing angora berwarna hitam yang kuajak foto adalah kucing sepupu kami bernama Blacky. Warna hitam bulunya yang rata sangat cocok dengan nuansa elegan yang kuinginkan. Blacky yang hiperaktif memang agak susah diajak berfoto, sehingga butuh berkali-kali jepretan sampai bisa mendapatkan pose yang oke.



Foto 2. Close-up
Fotografer : Aku



Foto ini sebenarnya serupa dengan foto bersama Blacky, namun karena aku lupa memotret wajah kakakku secara close-up, akhirnya ku-crop saja foto ini :D
 
Foto 3. Full
Fotografer : Aku




Foto yang kujepret iseng ketika kakakku hendak menuju taman. Ekspresi kakakku yang menyipitkan matanya karena silau akan cahaya matahari siang terkesan alami, sehingga kupilih foto ini :D



Foto 4. Boring Time
Fotografer : Aku



Ekspresi bosan yang sengaja dibuat kakakku ini menurutku cukup menarik. Meski wajah kakakku tidak imut selayaknya Lizy, foto inilah yang paling kusukai.



Adikku sebagai SEBASTIAN MICHAELIS

Perubahan yang paling minim dalam project ke-dua ini adalah karakter Sebastian yang diperankan oleh adikku. Aksesorisnya yang cukup minim memang sudah terpenuhi pada trial project, hanya saja kali ini kutambah dengan rantai emas yang diletakkan menggantung pada saku jasnya supaya terkesan sebagai rantai jam saku. Perbedaan paling jelas lainnya adalah rambut adikku yang panjang sudah sesuai dengan rambut Sebastian :D
 


Make-up : foundation, bedak, pensil alis, eye liner.

Editing : crop, level, match color, penegasan bayangan dan cahaya pada muka, tekstur kulit (adikku sedang banyak jerawat di hidungnya).
 


Foto 1. Ready to Go

Fotografer : Aku


Pose ini mirip dengan foto dalam trial project. Menurutku angle dalam foto sebelumnya lebih bagus daripada foto ini, hanya saja secara kualitas gambar lebih tajam.




Cahaya samping yang masuk dari bawah menimbulkan efek misterius yang keren. Sayangnya cahaya minim ini membuat wajah adikku yang aslinya berkulit gelap menjadi jelek..T.T (padahal aku sangat suka posenya)


Foto 2. Open the Door
Fotografer : Aku



Foto yang bertujuan menunjukkan postur penuh Sebastian. Karena bingung mau mengambil pose seperti apa, akhirnya pose kaku adikku ini kupilih juga…haha


Foto 3. Close-up
Fotografer : Aku



Foto hasil crop. Foto aslinya adikku sedang duduk, tampak sampai paha. Karena tidak ada foto close-up yang bagus, akhirnya kuputuskan untuk memilih foto ini.



Foto 4. Senyum Terpaksa


Fotografer : Aku




Foto yang kuambil tiba-tiba setelah pemotretan di taman. Karena cahaya dan warnanya cukup bagus, kupilih foto ini.



Ciel X Lizy 

Menatap Langit yang Sama
Fotografer : Adikku




Foto yang diatur oleh adikku sendiri. Hasilnya bagus juga…:D
 
 


TOGETHER
 



Foto yang diambil dengan bantuan timer dan tripod. Karena diambil di dalam ruangan dan cahaya hanya masuk dari depan, hanya foto inilah yang bisa didapat.

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Project berikutnya akan kukerjakan dengan lebih baik...(kalau ada kesempatan lagi sih)^^
 
 

6 comments:

Anonymous said...

kostume jahit dimana

Lulu Niha said...

d daerah deket kosku aja di jogja...khusus jasnya sebastian di taylor deket rumah di banyuwangi

Anonymous said...

Kk bs buat in cosplay persona 3 ga?

Sama topi naoto shirogane?

Kalau bisa ksh tw ke no 08974373370 ya :)

Lulu Niha said...

Bisa2 aja sih...cuma kalo topi belum tentu, soale nyari topi pet yg mirip agak susah :)

Anonymous said...

sy,..... dari wlingi bisa buatin topi Naoto shirogane gk ????? kala bisa Hbng i (085648321320)

Anonymous said...

sy,..... dari wlingi bisa buatin topi Naoto shirogane gk ????? kala bisa Hbng i (085648321320)