January 27, 2013

Mirah Fantasia

Mirah Fantasia adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang terdiri dari Taman Satwa, Water Boom dan pantai.

TAMAN SATWA

Pintu masuk Taman Satwa

Sesuai namanya, Taman Satwa terdiri dari berbagai satwa, namun di Mirah Fantasia yang lebih mendominasi adalah burung. Mungkin karena alasan inilah, pengunjung lebih sering menyebutnya sebagai Taman Burung. Burung-burung yang ada rata-rata species lokal yang sangat eksotis.


rangkok


macao


sangkar Kakak Tua


Kakak Tua Putih

Semua hewan di Mirah Fantasia diletakkan dalam sangkar atau kandang, tetapi untuk kancil dibiarkan liar. Hewan yang dalam dongeng terkenal kecerdasannya (kelicikannya) ini suka mendekati pengunjung untuk meminta makanan, tetapi enggan disentuh.

Kancil


Merak

Burung merak adalah salah satu burung yang kukagumi kecantikannya. Sayangnya di Taman Satwa Mirah Fantasia, pejantan merak yang ada berekor pendek. Padahal ekornyalah yang menurutku menjadi daya tarik utama burung ini.

Jalak Bali


Monyet


Monyet memang selalu aktif, begitu pula monyet satu ini. Dia bergerak kesana-kemari dan hanya diam ketika meminta makanan.

Pohon Kelapa Sawit


Kakak Tua Hitam


Nuri


Kasuari


Monyet

Monyet di kandang ini sekeluarga, terdiri dari Bapak, Ibu dan kedua ananknya. Ingin memotret mereka ketika berkumpul, tetapi karena terlalu aktif bergerak, susah sekali untuk mengambilnya.

Buaya Air Tawar


Nuri Dada Merah


Nuri Dada Biru


Ayam Mutiara

Dalam satu kandang, terdapat lebih dari 10 ekor ayam mutiara. Mereka aktif dan suka berkumpul di tempat makanannya.

Kerbau Mini

Kerbau dengan ukuran 1/4 ukuran kerbau Jawa normal. Karena ukurannya tersebut, kerbau ini tampak lucu^^ (maaf, fotonya buram).

Landak


Gelatik


Pelikan

2 ekor burung Pelikan ini berkeliaran di lapangan tengah Taman Satwa. Sepertinya sih ramah dan mudah di dekati, tapi ternyata mereka akan langsung menunjukkan sikap siaga (paruh menganga, badan condong ke depan dan sayap terbuka) ketika manusia berapa pada radius 1,5 m dari mereka.



Monyet

Monyet yang diikat pada kandangnya yang tinggi. Karena tidak bisa bergerak dnegan bebas, dia berlalu-lalang tanpa henti. Akupun berpikir, bagaimana dia bertahan jika cuaca buruk, misalnya hujan deras?

Elang Bondhol

Elang gagah ini adalah maskot Kota Jakarta. Seandainya boleh, aku ingin memeliharanya...haha



Selain hewan-hewan yang ada di Taman Satwa, aku sempat memotret beberapa tanaman bunga di sekitarnya. Berikut foto-fotonya:

Bunga Sepatu

Sebenarnya bunga ini berada di luar pagar Taman Satwa, namun tangkainya yang menjuntai masuk ke dalam Taman Satwa. Warna merahnya yang cantik membuatku tertarik untuk memotretnya.

Teratai

Bunga teratai yang ada di kolam tengah Taman Satwa. Sayangnya, karena kurang terawat, keindahan bunga ini kurang bisa dinikmati.

Bougenville

Bougenville yang menurutku kurang terawat. Berada di dekat tanaman Pinang dan bunga kuning (tak tahu namanya).

Bunga di dekat Kolam


Pintu keluar Taman Satwa


PANTAI

Setelah keluar dari Taman Satwa, kami menuju panta yang terletak tak jauh dari pintu masuk. Di dekat pantai terdapat beberapa wahana permainan seperti Tree Top, Banana Boat, Perahu, dll. Karena bukan masa liburan, Mirah Fantasia saat itu agak sepi. Beberapa permainan ditiadakan dan alat-alatnya diperbaiki.

Istirahat di gubuk dekat pantai


Beberapa perahu yang tidak terpakai


Jembatan munuju laut

Tak lupa kami berfoto narsis...haha, mumpung ada pemandangan bagus :D



Adikku


Kakakku

Tanaman mirip eceng gondok yang tumbuh subur ini menambah keindahan pemandangan sekitar pantai. Hijau memang menambah kesan 'segar'...:D





Setelah puas beristirahat di pantai, kami menuju mushola untuk menjalankan sholat dhuhur. Water Boom adalah tujuan terakhir yang akan kami nikmati di Mirah Fantasia. (Karena baterai kamera habis, aku tak bisa mengabadikannya). Kami pulang setelah sekitar 2 jam berenang^^





Untuk teman-teman yang belum pernah berkunjung ke Mirah Fantasia, tempat wisata ini sesuai untuk tujuan wisata keluarga. Cukup dengan tiket masuk Rp 5.000,- per orang untuk Taman Satwa, Rp 10.000,- per orang untuk Water Boom. Masuk ke pantai tanpa tiket dan permainan yang tersedia seharga Rp 15.000,- sampai Rp 30.000,- per orang


SELAMAT BERWISATA!!


No comments: