June 11, 2012

GEEK Style

Kata geek merupakan bahasa slang  untuk istilah “orang aneh” atau “non-mainstream”. Dalam konotasi yang berbeda, geek juga berarti “penggila komputer”, “orang yang sangat menggemari hobi tertentu”,  atau “orang yang intelektualnya berlebihan”.



Kata ini berasal dari dialek bahasa Inggris geek, geck= bodoh, aneh, serta dari geck Low Jerman. Akar kata geek berasal dari bahasa Belanda dan Afrika gek= gila. Sama halnya dengan dialek Jerman, di Alsatian kata gickeleshut berarti topi geek, yang biasanya digunakan dalam karnaval.

Kata ini muncul dalam pengertian modern sebagai “penggemar ilmu pengetahuan, matematika, atau teknologi yang dicetuskan oleh Robert Heinlein pada tahun 1952 dalam cerpennya "The Year of the Jackpot". Dan dalam perkembangannya, kata geek lebih mengarah pada nerd= culun, yang identik dengan para kutu buku.


Geek chic

Geek Chic adalah style yang sangat identik dengan image geek pada umumnya. Karakteristiknya adalah mengenakan kacamata, t-shirt dengan geeky in-jokes, serta aksesoris lain yang mendukung. 

Style ini menjadi perhatian, ketika selebritis dunia seperti David Beckham, Justin Timberlake dan Myleen Klass mencoba untuk mengadopsinya. Begitu pula David Tennant ketika berperan sebagai Tenth Doctor dalam Doctor Who yang sangat geek.




Istilah geek pun berkembang menjadi “sesuatu yang tidak hanya bermakna, namun juga bergaya”. Bukan sekedar kacamata berbingkai hitam, geek juga bewenang untuk istilah-istilah lingkup perabotan serta pakaian.

Geek Chic tidak terkekang oleh aturan-aturan Fashion, lebih mengarah ke image konservatif saja daripada sebuah “budaya”. Kini, geek menjadi lebih variatif dalam hal fashion dan telah dipadukan dengan unsur gothic, hippie serta bohemian. Meski demikian, style ini tetap mempertahankan originalitasnya dengan tanpa meninggalkan t-shirt dengan geeky in-jokes-nya.




Sumber :
Wikimu.com

No comments: