18 April 2012

Ratu Boko

Ratu Boko adalah salah satu situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan. Situs ini menampilkan atribut sebagai tempat berkegiatan atau situs pemukiman, namun fungsi tepatnya belum diketahui dengan jelas.



Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Penangkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu). Dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton (istana raja). Pendapat ini berdasarkan pada kenyataan bahwa kompleks ini bukan candi atau bangunan dengan sifat religius, melainkan sebuah istana berbenteng dengan bukti adanya sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan. Sisa-sisa permukiman penduduk juga ditemukan di sekitar lokasi situs ini.
Kami (para mahasiswa dari luar Yogyakarta) berencana mendatangi tempat-tempat yang hanya bisa ditemui di daerah Jawa Tengah ini selagi bisa. Maka dari itu ketika tiba hari libur yang dinanti-nanti, kami yang saat itu menempuh semester ke-2, langsung saja capcus menuju Ratu Boko yang direkomendasikan oleh teman-teman yang asli Yogyakarta.

Risna, Aulia, Gloria & Tari
(bergaya sebelum berangakat!)

Berhenti sejenak

Kalau bepergian berramai-ramai, pasti ada motor yang bannya bocor. Kami pun menghentikan perjalanan sejenak di pinggir jembatan. Pemandangannya lumayan bagus juga, jadi kami pun berfoto-foto.

Pageh, Adit, Budi, Aulia, Mario, Aku, Risna, Gloria, Tari & Rato
(hanya Budi yang asli Jogja)

Pintu masuk Ratu Boko. Masih butuh perjalanan yang lumayan memakan waktu untuk menuju lokasi situs, karena Ratu Boko memang berada di atas bukit.



Tari, Gloria, Aku & Risna

Ayo Minum!

Aku, Risna, Gloria, Tari, Aulia & Bli Pageh

"Dua Sedjoli"
(Indah & Aku)

"Hahahaha...ngekek terus kalau lihat nih foto."

Aku (yang sedang gemuk) & Aulia

Beberapa orang bilang kalau waktu ini kami seperti saudara^^.







Pemandangan di sekitar lokasi Ratu Boko.

Perhatikan : Kaki Bli Pageh






Mario & Aku



Mario & Sulton
(gaya boyband)

Di sekitar reruntuhan situs. Tidak tahu dulunya untuk apa.

Gloria, Indah, Mario & Aulia

Risna, Aulia, Gloria, Aku & Indah

Istirahat, berteduh di bawah pohon

Melanjutkan perjalanan
(Si Wiko & Tofa mirip penggembala kambing)

Sampai di bagian lain situs, tapi tak ada apapun

melongok ke dalam gua

Batu yang tampak sedikit itu adalah gua. Tepatnya berada di bawah bagian foto sebelumnya. Karena terlalu sempit, akhirnya kami hanya bisa melihat dari luar.

lanjuuuut...

pintu masuk situs bekas tempat pertandingan

Sejenis pagar berbentuk kotak mengelilngi tempat ini. Di dalamnya terdapat panggung yang mirip area turnamen beladiri dalam anime Dragonball.

pemandian

Kolam yang letaknya tak jauh dari area turnamen. Untuk mencapainya, kami harus menuruni lereng yang lebih mirip jurang.

Perhentian terakhir

Setelah sampai di bagian situs terakhir (candi), kami cukup lelah dan tak kuasa untuk mencari penjual makanan & minuman. Warung ini terletak tak jauh dari posisi kami dan merupakan satu-satunya. Lumayan, daripada nggak ada sama sekali...XD

Tidak ada komentar: